Pengalaman Jempol Kaki Bengkak karena Cedera



Hi kawan-kawan ada yang pernah ngerasain yang namanya jempol ibu kaki bengkak selama berminggu-minggu dan ga sembuh-sembuh?

Disini saya mau curhat dan bercerita hehe tentang pengalaman saya ketika jempol kaki saya bengkak dan sembuhnya lama banget bagi saya hehe sekitar satu bulan.

Jadi waktu itu saya sedang bermain futsal bersama teman-teman saya di hari Minggu malam. Kami bermain selama satu jam waktu itu.Selesai kami bermain futsal kami pun beristirahat sebelum pulang.

ehh tiba-tiba ada orang yang ngajakin kita main lagi. Saya ga kenal orang itu, tapi mereka mengajak kami Bermain karena mereka kekurangan orang. Dengan semangat yang membara tentu saja saya iya kan ajakan mereka itu.

Lumayan main gratis pikir saya,, hehe. Lalu kami pun bermain tim saya lawan tim mereka yang hanya berjumlah lima orang. 

Ditengah pertandingan ketika saya mengontrol bola,, eh dalah lawan malah nginjak kaki saya. Jempol kaki saya pun terkirir,, terpelitek,, terjengkal,, terdorong secara brutal… hehe lebay ya,,

Nah, saya langsung meringis kesakitan dan tak mampu melanjutkan permainan. Saya pun digantikan oleh teman saya yang lain dan saya langsung melakukan pertolongan pertama yaitu mengompres dengan es.

Saya lalu mengompress kaki saya menggunakan minuman mineral yang sudah dibekukan. Saat pulang kerumah saya melanjutkan mengompres jempol kaki saya ini. Lalu saat sebelum tidur saya menempelkan Salonpas pada kaki saya agar tercipta kehangatan yang memulihkan ibu jari kaki saya ini.

Keesokkan harinya kondisi jempol saya langsung bengkak. Lalu apa yang saya lakukan adalah memasang Salonpas setiap hari.

Ketika rasa nyeri sudah hilang saya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan salonpas. 

Walaupun nyeri di jempol kaki saya sudah hilang sekitar satu minggu setelah cedera tapi bengkak kaki saya belum mengempes dengan maksimal.

Saya pun masih berjalan terpincang-pincang karena masih belum nyaman dengan jempol kaki yang bengkak itu.

Lalu sekitar tiga minggu kemudian jempol saya ini masih bengkak tapi tidak ada rasa sakit saat di tekan tapi saat dioleskan salep tidak terasa panas pada bagian yang bengkak.

Panikk,, itu yang saya rasakan,, tentu saja karena saya bukan orang medis dan takut terjadi hal yang burk pada jempol kaki saya ini.

Akhirnya saya melakukan pencarian informasi di Mbah nya dunia Mbah Google. Disana saya mendapatkan informasi bahwa seharusnya kaki saya dikompress selama tiga hari berturut-turut setelah cedera dan kaki harus diletakkan lebih tinggi dari posisi badan saat beristirahat.

Alamakkk,, ternyata saya sudah terlalu menggap remeh masalah saya ini,, pikir saya..

Lalu saya pun mencoba untuk memposisikan kaki saya lebih tinggi dari tubuh saya saat saya tidur katanya sih untuk melancarkan peledaran darah dikakai yang bengkak agar cepat kempes..

Dan wow ga tau emang udah waktunya untuk sembuh atau efek dari memposisikan kaki,, bengkak saya mulai kempes dan bahkan saya sudah bisa bermain futsal lai sekarang.

Kempesnya sih belum sempurna tapi setidaknya saya sudah bisa kembali bermain futsal walaupun masih hati-hati karena takut kambuh.

Menurut saya sih kaki saya belum seratus persen sembuh, bagia bawah jempol kaki saya mungkin sudah 80% sembuh tapi bagia atas jempol kaki saya masih 60% kesembuhannya.

Well, cerita yang tidak terlalu penting mungkin ya hahahah

Tapi ini hanya sekedar berbagi pengalaman bagi yang mengalami hal yang sama dengan saya. 

Intinya jangan anggap sepele cedera yang kita hadapi langsung cari informasi terkait cara penyembuhan dari sakit atau cedera kita itu agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan sempurna.

No comments

Powered by Blogger.