5 Game Online Jaman Dulu yang Bikin Betah di Warnet



Apa game online jadul terbaik kalian?


Game online jama dulu alias game online jadul sudah semakin ditinggalkan penggemarnya. Tapi kenangan akan game online zaman old ini sulit untuk dihilangkan. Game online jadul ini sangat popular pada masanya. 
Dimana dulu game online hanya bias dinikmati melalui PC belum seperti sekarang ini dimana kita bisa Bermain game online secara mobile menggunakan smartphone Android ataupun Ios.

Jaman dulu, ketika bermain game online kita harus pergi ke Warnet (warung internet)  agar mendapatkan koneksi internet yang lancar. Bahkan tak jarang para pecinta game ini menginap di warnet demi mendapatkan level tinggi dalam Bermain game online. 
Game Online memang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Bermain melawan gamers lain untuk menjadi yang terbaik adalah salah satu kesenangan dalam bermain game online.  Berbeda dengan game offline yang hanya bisa bermain bersama dengan orang disekitar kita, Game Online memungkinkan kita untuk bermain melawan gamers di seluruh dunia.
Game online memang semakin populer saat ini dengan kehadiran game mobile yang begitu memudahkan para pecinta game untuk bermain game dimanapun ia mau, lalu munculnya fenomena youtubers game yang semakin populer pun ikut mendongkrak kepopuleran game online. Apalagi saat ini bermain game dapat menjadi sebuah profesi dengan masuk ke jalur proffesional.

Kepopuleran game online di Indoneia bisa dikatakan dimulai pada awal 2000an saat beberapa game online masuk Indonesia dan Warnet-warnet mulai bermunculan.
Walaupun internet belum sekecang sekarang dan grafik game belum sekeren sekarang tapi game-game online ini mampu membuat banyak orang ketagihan.

Warnet adalah tempat favorite bagi para pecinta game online, bahkan sudah seperti rumah kedua bagi para penggemar game online. 
Nah, dibawah ini terdapat 5 game online di awal 2000an yang berhasil membuat para pecinta game online betah untuk berdiam lama-lama di warnet.


1.      Gunbound


Gunbound adalah game MPGO (Multi player game online)  bergenre artillery.

Di Indonesia Gunbound dijalankan  oleh situs Boleh.com yang bekerjasama dengan perusahan dari Korea Softnyx

Gameplay dari Gunbound cukuplah simple. Terdapat dua tim dengan kendaran tempur yang disebut Mobile, dimana kedua tim ini akan saling menghancurkan. Setiap tim akan secara bergantian untuk melakukan aksi baik itu attack maupun defense.

Dengan bentuk arena pertempuran yang unik para pemain harus mengukur dengan tepat serangan mereka.  Sealin itu faktor cuaca pun berpengaruh besar dalam hal serangan. Terdapat 9 cuaca berbeda yang dapat mempengaruhi serangan, bisa memberi keuntungan atau sebaliknya memberi kerugian. 

Dengan cuaca yang selalu berubah-ubah pemilihan senjata dan item harus disesuaikan untuk memenangkan pertempuran. 



2.      RF Online (Ricing Force Online)

Ricing Force Online adalah game MMORPG (Massively multiplayer online role-playing games) bergenre Science fiction fantasy.

Game Racing Force Online atau yang lebih dikenal dengan nama RF ini dibawa oleh perusahaan game Lyto ke Indonesia dari Developernya CCR.

Game ini memilki latar cerita yaitu tentang tiga ras bangsa yang berusaha untuk meperebutkan resource tambang untuk memakmurkan bangsa mereka. 

Terdapat tiga bangsa dalam pertempuran ini yaitu Acretia Empire yang merupakan ras Cyborg,  Bellato Union yang merupakan bangsa petualang dengan pengetahuan inggi, dan bangsa Holy Allience Cora yang merupakan bangsa spiritual yang memilki ilmu sihir. Setiap ras memilki kemampuan khusus yang unik.

Di dalam game ini kita akan berusaha untuk menjadi yang terkuat dengan menaikkan level karakter yang kita gunakan.

Di dalam game ini kita akan berusaha untuk menjadi yang terkuat dengan menaikkan level dari karakter yang kita gunakan. Terdapat empat profesi awal di dalam game ini yaitu Warrior, Ranger, Spiritualist, dan Specialist. Saat kita berhasil mencapai level 30 kita bisa merubah professi kita dan dapat diubah kembali di level 40.


3.      Counter Strike



Counter Strike adalah game bergenre First-person Shooter (FPS)

Game Counter Strike: Condition Zero yang populer di Indonesia merupakan game dari developer Turtle Rock Studios.

Game ini bercerita tentang dua kubu yang sedang dalam pertempuran yaitu kubu Terrorists dan Counter-terrorists. Kubu terrorist akan melakukan peledakkan bom atau penyandraan sedangkan Counter-terrorist akan berusaha menggagalkan usaha dari Terrorist ini.

Dalam game ini kita diharuskan untuk memilih satu kubu. Pemenang dalam game ini adalah yang berhasil menjalankan misi. Setiap kemenangan tim akan menghasilkan uang lebih untuk membeli senjata, peluru, granat, dan keperluan lainnya.



4.      Nexia Online

Nexia Online merupakan game MMORPG pertama di Indonesia.

Game Nexia Online ini dibawa ke Indonesia oleh BolehGame dari Developernya Nexon dari Korea.

Game ini memilki latar belakang dari mitologi kuno Korea berdasarkan sebuah Novel dari Kim Jin. Di dalam game ini terdapat tiga kerajaan yang bisa menjadi tempat tinggal bagi kita yaitu Koguryo, Buya, dan Nagnang.  Di dalam kerajaan tersebut masing-masing terdapat tiga desa. 

Di dalam game ini kita akan berpetualang untuk meningkatkan level karakter kita seperti health, mana, strength , magic, dan agility.

Salah satu yang paling menarik dalam game Nexia Online adalah sulitnya untuk membuat Guild atau clan. Karena hanya mereka yang kuat dan setia dalam bermain Nexia online yang bisa memilki clan. Tercatat hanya terdapat 19 clan selama game ini beredar.


5.      RO (Ragnarock Online)


Ragnarock Online merupakan game MMORPG dari Korea Selatan.

Game Ragnarock Online (RO)  merupakan game dari Developer Gravity Corporation.

Game ini dirancang berdasarkan cerita dari Komik  Ragnarock yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin. Bisa dikatakan game ini merupakan fenomena bagi game online Indonesia di awal 2000an. Bahkan Game RO pernah membuat koneksi Internet di Indonesia kacau karena Bandwitdh yang masih belum memadai saat itu.

Pada game ini kita akan mengembangkan karakter kita hingga level tertinggi dengan level maksimalnya adalah 99. Kenaikkan level didapatkan dengan mengalahkan monster-monster yang tersebar diberbagai tempat. Dimana terdapat dua level permainaan yaitu base level dan job level.

Game RO berlatar di dunia Rune Midgard tanpa inti jalan cerita sehingga para pemain dapat berpetualang sesuka hatinya. Di dalam Kerajaan Rune Midgard ini  para pemain diperbolehkan untuk membuat sebuah Guild bila memilki item Emperium. 

Memilki sebuah Guild adalah salahsatu hal paling mearik dalam permainan RO karena kita dapat berpartisipasi dalam War of Emperium (WOE) yang merupakan perang antar Guild untuk memperebutkan beberapa istana. 


Dari kelima Game dia atas ada kenangan yang paling ane ingat dalam permainan Counter Strike. Pernah suatu hari ane bersama teman-teman ane pergi ke Warnet untuk bermain Counter Strike. Pada waktu kita sedang bermain Counter Strike, abang-abang penjaga warnet tiba-tiba teriak “ini siapa yang pake nama m*m*k ?”
Dengan lugunya teman ane langsung ngaku “saya bang
dan seketika itu pula temen ane diusir dari Warnet. Dan ane ama temen-temen ane yang laen cuma bisa ketawa wkwkwk. Temen ane ini pun keluar dari warnet dengan nyengir hehe. Di luar warnet pas ane liat dia lagi jongkok dengan sebatang kayu ditangannya sambil di geruk-geruk ketanah. 😂


Referensi:
Wikipedia.org

No comments

Powered by Blogger.