Pengalaman membuat SKCK di Bandung Terbaru 2018



SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian alias surat kelakukan baik dari kepolisian dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti syarat melamar pekerjaan atau untuk syarat membuat pasport. Isi dari SKCK ini adalah pernyataan bahwa kita tidak sedang terlibat dalam suatu tindakan kriminal.

Lantas bagaimanakah cara membuat SKCK di Bandung? Apa saja Persyaratan bikin SKCK di Bandung? Dimana harus membuat SKCK?  Bisakah membuat SKCK online di Bandung? 

Berikut saya mau berbagi pengalaman membuat SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan berbagi cara membuat SKCK di Bandung terbaru pada Maret 2018. Pembuatan SKCK ini saya lakukan di Polres Bandung di "jalan Jawa".

Saya sendiri disini membutuhkan SKCK untuk melamar dalam sebuah pekerjaan yang persyaratannya harus melampirkan SKCK dan legalisirnya. Ketika mengetahui harus memiliki SKCK, saya langsung melakukan gugling mengenai cara untuk mendapatkan SKCK dan bagaimana cara mengurus SKCK dengan cara yang mudah. 

Dari penelusuran yang saya peroleh dibutuhkan surat pengantar dari RT/RW untuk syarat pembuatan SKCK. Lalu selain itu dibutuhkan pula Foto copy KK, foto 4x6 5 buah background merah, foto copy Izajah terakhir, Foto kopi KTP, dan foto copy Akte kelahiran.

Dan yang paling menyebalkan bagi saya adalah suat pengantar dari RT/RW. Kenapa? Karena untuk bertemu dengan RT/RW lebih sulit dibandungkan bertemu dengan Polisi. Hal ini membuat saya malas untuk membuat SKCK. Akhirnya saya mencoba gugling lagi dan ternyata ada beberapa orang yang membagikan pengalamannya bahwa mereka tidak melampirkan surat pengantar RT/RW dalam pembuatan SKCK dan berhasil. 
(*ternyata surat pengantar RT/RW diperuntukkan untuk mereka yang KTP nya di luar Bandung)"

Ini tentu saja membuat saya semangat kembali untuk mengurus SKCK. Saya lalu menyiapkan semua keperluan dan syarat untuk membuat SKCK. Ohh iya sebenarnya cara pembuatan SKCK online sudah tersedia  tapi masih kurang efektif karena kita tetap perlu ke kantor polisi untuk melakukan pengambilan sidik jari dan pengambilan SKCK nya.

Pada Jumat tanggal 23 Maret 2018 saya berangkat ke Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka No.18-21 atau kalau di Bandung lebih dikenal sebagai “Polres di jalan Jawa”. Saya tiba di lokasi sekitar pukul 9 pagi. Saya langsung menuju tempat pembuatan SKCK setelah bertanya ke Bapa Polisi disana. Lokasinya disebelah kanan setelah gerbang masuk.

Disana saya langsung ke loket pembuatan SKCK. Akan tetapi saya diarahkan untuk melakukan pengambilan sidik jari terlebih dahulu oleh bapa petugas di loket pembuatan SKCK tersebut.

Saya diarahkan bahwa lokasi pengambilan sidik jari ada di belakang gedung biru,
” belok kiri lalu kekanan” katanya..

Lalu saya mengikuti arahan petugas tersebut dan kebingungan untuk mencari lokasi tersebut hehe akhirnya saya bertanya ke bapa-bapa yang ada didekat saya dan akhirnya saya menemukan lokasi pengambilan sidik jari tersebut.

Disitu sudah cukup ramai orang untuk melakukan pengambilan sidik jari. Hanya menurut saya di lokasi tersebut kurang rapih kondisinya karena tidak adanya petunjuk bagaimana langkah untuk melakukan pengambilan sidik jari.

Setelah bertanya pada salah satu petugas ternyata saya harus mengisi formulir terlebih dahulu dan menempelkan foto 3x4 pada formulir tersebut. Alamak!!! Pikir saya karena saya tidak membawa foto 3x4 dan tidak ada toleransi dari petugas.  Dan ini merupakan syarat yang tidak saya temukan dari hasil gugling saya.

Untungnya,,, !!! disana disediakan tempat foto bagi yang tidak membawa pas foto. Huffffttt hampir saja saya pulang kembali ke rumah dengan lunglai hehe,,

Lalu saya melakukan foto dilokasi tersebut dan membayar Rp 10.000 untuk mendapatkan 2 foto ukuran 3x4. Setelah itu saya mengisi formulir tadi dan setelah selesai saya melakukan pengambilan sidik jari. Hasil pengambilan sidik jari tersebut di cek oleh petugas lainnya. Seteah ok, formulir tersebut dikumpulkan dan saya dminta KK. KK tersebut lalu di cap sebagai buki telah melakukan pengambilan sidik jari.

Setelah selesai, saya kembali ke loket pembuatan SKCK. Dan ternyata sesampainya di loket saya kembali disuruh mengisi formulir tentang biodata saya, Formulir yang harus diisi sekitar empat halaman.  Cukup banyak sih,, huhu..

Hahhh setelah selesai mengisi formulir tersebut lalu saya mengumpulkan formulir tersebut beserta persyaratan lainnya yaitu fotocopy KK, Fotocopy KTP, Fotocopy akte kelahiran, dan foto 4x6 5 lembar.

Lalu saya diminta membayar sebesar Rp 30.000 untuk pembuatan SKCK ini. Dan saat itu waktu menunjukkan sekitar pukul 10:20. Karena hari itu merupakan hari Jumat dimana akan segera diadakan Sholat Jumat dan juga Istirahat Kantor, saya disuruh kembali lagi jam 2 siang nanti untuk pengambilan SKCK.

Tapi karena motor yang saya gunakan akan dipakai oleh Ayah saya. Saya memutuskan untuk mengambilnya besok pagi pada hari Sabtu.

Keesokkan harinya, pada hari Sabtu tanggal 24 Maret 2018 saya kembali ke Polrestabes Bandung di “jalan Jawa”. Saya langsung menuju loket kemarin dan menunjukkan KTP saya untuk pengambilan SKCK.

Dan engingenggg…!!!!!!! SKCK saya sudah jadi… hahahah senangnya…

Lalu karena saya membutuhkan legalisir SKCK pula, saya lalu menanyakan bagaimana untuk mendapatkan legalisir SKCK.Bapa petugas tersebut lalu meminta saya untuk mengcopy SKCK saya terlebih dahulu. Saya lalu mengcopy SKCK tersebut sebanyak lima lembar dan menyerahkannya kembali kepada Bapa petugas di loket pembuatan SKCK.

Tidak menunggu lama, mungkin hanya satu menit nama saya dipanggil dan legalisir pun selesai. Disini terjadi hal yang mengejutkan!! Hehe ketika saya bertanya berapa harganya ternyata legalisirannya berharga Gratis alias ga usah bayar…!!!

Wow,, lumayan lah pikir saya hahah karena ketika saya gugling,, beberapa orang mengaku membayar sekitar Rp 5.000 atau Rp 10.000 untuk mendapatkan legalisir SKCK.

Nah, demikian pengalaman saya dalam pembuatan SKCK di kota Bandung,, Jadi bila kalian ingin membuat SKCK perhatikan syarat-syarat berikut yang harus kalian bawa:

1. Foto copy KTP 
2. Foto Copy Akte kelahiran atau Ijazah terakhir
3. Foto Copy KK
4. Foto 4x6 Background Merah (WAJIB tidak bisa ditawar) sebanyak 5 lembar
5. Foto 3x4 Background Merah (WAJIB tidak bisa ditawar) sebanyak 2 lembar

*6. Surat keterangan RT/RW bila bukan ber-KTP Bandung 
(dapet info dari agan Rizky di kolom komentar hehe)

Dan sedikit saran untuk para petugas untuk ditambah petunjuk atau langkah-langkah dalam pembuatan SKCK ini khusunya dalam hal pengambilan sidik jari. Secara keseluruhan pelayanan pembuatan SKCK ini cukup baik dan hanya membutuhkan waktu yang singkat sebenarnya. Semakin pagi kalian tiba semakin cepat kalian mendapatkan SKCK hehe.

bikin SKCK ga ribet kok hanya perlu luangkan waktu lebih saja hehe..

Untuk jadwal pelayanan pembuatan SKCK di Polrestabes Bandung dibuka dari hari Senin hingga Sabtu. Khusus hari Saptu pelayanan hanya dibuka setengah hari saja.

Selamat mebuat SKCK. Good Luck!!

137 comments:

  1. Membantu sekali postingan nya, thx ya sudah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama,, senang bisa membantu.. hehe,,

      Delete
  2. Jadi gabawa surat pengantar ga masalah ya ? Takutnya udah ke polres malah disuruh balik lagi

    ReplyDelete
  3. Wah, terimakasih juga mas yang sudah berbagi pengalaman mengenai pembuatan SKCKnya.... dan Alhamdulillah ini juga yang paling mutakhir, artinya pengalaman terbaru sekitar bulan maret hehehe...

    Mas, satu pertanyaan lagi, apa saja yang mas isi di formulir yang 4 lembar itu? apakah informasi diri yang umum-umum saja? atau yang njlimet? atau yang bagaimana? tolong terangkanlah saya mas hehehe...

    Sekali lagi makasih sudah ikut berbagi konten seperti ini, ditengah langkanya informasi resmi mengenai strategi jitu mendapatkan surat administrasi dari pemerintah (yang kadangkala berbelit dan LUAAAAMANYAAAAAA itu bikin otak menyerah). Semoga menajdi pahala yang berlimpah buat mas ya... Salut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas hehe,,

      untuk formulir yg diisi cuma tentang informasi diri aja kok,,
      ga terlalu ribet cuma pegel tangan paling,, hehe

      Delete
  4. ternyata utk warga bukan bandung perlu surat keterangan dr rt/rw juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gtu gan,, thx tambahan infonya gan.. ane warga Bandung sih hehe

      Delete
    2. Tetep gak bisa gan kalo ktp luar padahal saya sudah bawa surat keterangan dari RT/RW. Mereka bilang hanya bisa membantu buat sidik jari saja lalu di kirimkan ke alamat KTP. Jadi tetep bikin skcS nya di daerah asal

      Delete
  5. Mas mau nanya ... d atas hnya d jelaskan tdk melampirkan suket rt rw tp melampirkan suket kelurahan dan kecamatan gak ?? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu mba,, hanya RT RW saja kalau dari luar kota Bandung..

      Delete
  6. Kang, untuk hari sabtu buka gak layanan skck nya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka,, tapi setengah hari kang..

      Delete
    2. kalau identifkasi sidik jari itu sabtu bisa nggak ?

      Delete
    3. sory, kurang tau yang ini gan..

      Delete
  7. Klo hari ini sampe jam berapa ya om informasi masih bisa bikin skck?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe sore om,, sesuai jam kerja normal.. jam 4an..

      Delete
  8. Itu ga perlu pake surat pengantar dari kelurahan?

    ReplyDelete
  9. Saya mau nanya kalau yg ga punya akte kelahiran gimana kenal lahir juga ga ada hilang

    ReplyDelete
  10. Wah kebetulan sekali saya memerlukan skck, untung saja saya iseng" search .
    Tadi nya saya mau ke rt rw buat minta surat keterangan, syukur deh kalo ga usah ke rt rw, suoal nya rt rw susah kali untuk di jumpai harus malem atau pagi buta baru bisa ketemu..
    Makasih agan udah share pengalaman nya ini sangat membantu :)

    ReplyDelete
  11. Bang mau tanya kalo jumat tutup nya jam berapa ya untuk bikin skck

    ReplyDelete
  12. Kalau gk punya akte kelahiran plus ijasah berarti gak bisa bikin ya gan

    ReplyDelete
  13. Kalo ktp nya domisili di kabupaten bandung itu harus ke rt rw kel dan kecamatan ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau domisili kab. Bandung ke polres kab. Bandung. *cmiiw

      Delete
  14. klo buatnya di kota Bandung,, kayanya tetep harus buat surat dari RT/RW sih,,

    ReplyDelete
  15. Bang mau tanya.. alamat nya di manapun asalkan kotanya kota bandung bisa bikin di polres jl jawa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini alamatnya gan,,
      Jl. Merdeka No.18-21, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung

      Delete
  16. gan kalo KK nya ilang bisa di ganti ga .

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ada surat dari kelurahan/Kecamatan gan seinget ane..buat ganti KK sementara..

      Delete
  17. Informasi yang baik sekali. Terimakasih sudah mau sharing..

    ReplyDelete
  18. Gan RT/RW yang kita tinggalin sekarang atau RT/RW alamat asli kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kita tinggalin sekarang gan, klo ga salah mah..

      Delete
  19. jadi harus ada surket dr rt/rw klo alamatnya di bandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu gan,, klo KTP Bandung mah.. coba dibaca lagi ya artikel ane nya hehe..

      Delete
  20. Kang, untuk surat pengantar, ktp bandung, itu kabupaten apa kota kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ktp kota Bandung ga perlu surat pengantar gan..

      Delete
  21. Oha nambah lagi satu pertanyaan, bisa ngurus di kantor polisi yang di sukarno hata ga? Polda ya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa gan,, setau ane cuma bisa di POLRES aja yang di jalan Jawa

      Delete
  22. Mau nanya ih... mau bikin skck buat lamar cpns. Googling katanya harus k polres klo mau buat cpns. Nah..Perlu k polsek dulu ga buat minta surat pengantar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu ke Polsek menurut pengalaman ane mah langsung aja ke POLRES..

      Delete
    2. Oh oke oke.. makasih ya..

      Satu lg.. klo asli bdg ga perlu surat pengantar rt rw camat lurah kan ya ?

      Delete
    3. ga perlu,, langsung aja meluncur ke Polres di jalan Jawa..

      Delete
    4. Oke... makasih banyak ya info nya ☺

      Delete
    5. sama-sama,, senang bisa membantu..

      Delete
  23. Saya KTP luar Bdg, jd surat pengantarnya dr RT RW tempat tinggal di Bdg gitu mksdnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul,, dari tempat tinggal sekarang..

      Delete
    2. Klo tempat tinggal nya di bekasi apa masih bisa?

      Delete
  24. Berarti tanpa ket kelurahan.
    Semoga aja bisa ..mau mencoba

    ReplyDelete
  25. Oia gan dari info yang lain ada yang bilang. perlu surat keterangan domisili dan juga surat pengantar dari kelurahan untuk yang di luar domisili . Boleh di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan,, klo luar domisili mesti buat surat ke RT/RW tempat sekarang tinggal

      Delete
  26. gan kalo tata cara buat bikin sidik jari itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal tempel jari yg sudah kena tinta ke kertas aja gan,, Hehe
      harus di POLRES ini mah..

      Delete
  27. Kalo seandainya kita sudah punya SKCK namun dari luar bandung. Untuk prosesnya bagaimana ? Apakah seperti buat baru? Karena didalam skck yang ada, sudah ada sidik jari dll. Apakah bisa via online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan,, untuk yang ini ane kurang tau..

      Delete
    2. bantu jawab bisa asal domisili sesuai ktp adalah kabupaten, yg kota harus ke polres. td niatnya saya mau online juga stlh tanya lgs ternyta hrs k polres

      Delete
  28. halo kang.
    nanya euy. klo misal mau yg onine, daftar dulu online baru ke polres atau ke polres dulu baru di suruh daftar online?
    maksud arti sih mau mempersingkat antrian.
    atau sama aja ya banyaknya? yg online dan yg langsung semua prosedur dftar di polres?
    nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm nyoba online kang,, yang pasti sidik jari tetep harus manual jadinya sih menurut ane mah sama aja.. mending langsung ke Polres datangnya pagi-pagi diajmin lebih cepat.. hehe

      Delete
    2. ok tadi sdh, cmn hanya dilayani cap jari saja itu pun antri 3 jam, td sih untuk skcknya kebetulan msh jam 11 tp sdh tdk diterima alesannya karena masih banyak yg blm diproses. jadi terpaksa harus besok antri lagi nih.
      kemudian untuk yg online, info aja nih untuk skrg yg bisa hanya kabupaten bandung saja. untuk kota tdk bisa, yg kota lgs ke polres saja

      Delete
  29. Untuk hari ini pelayanan buat SKCK sampe jm brp min?

    ReplyDelete
  30. Usahakan dtg pagi. Kmren sy kesana jam 10malah disuruh datang hari ini krna penuh habis antrian. Bawa fto 3x4 latar merah mreka ga nybutin itu. 2biji.
    Syarat u. Yg tgl d Kota bdg gausahgausahpke srt pengantar rt rw. Yg perlu itu hanya untuk domisili luar bdg. Untuk kabupaten buatnya di polres Soreang ngga di jln Jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sekarang di kabupaten bandung tapi domisili luar kota/kab bandung. sudah buat surat domisili kab bandung, berarti bikin skck buat cpns ke polres kab bandung atau polrestabes kota bandung? trims

      Delete
  31. Gan, bengitu dateng lebih baik ambil folmulir dulu ke tmp fotocopy atau ke sidik jari, atau harus ke loket dulu ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil semua formulir yang dibutuhin langsung ke sidik jari.. isi formulir sambil nunggu antrian..

      Delete
  32. kalo sudah punya kartu sidik jari apa harus bikin lagi ga ya kang

    ReplyDelete
  33. Surat keterangan domisili sudah tidak bisa di dapat di kelurahan karna prosedur baru.

    Apa bisa hanya surat domisili dari rt tw saja tanpa kelurahan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya emang dari RT/RW aja gan,, bukan kelurahan..

      Delete
  34. tadi saya ke polrestabes bandung, jam 12 kurang (sebelum adzan dzuhur) sudah ditutup -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. WOW,, isue nya sih karena terlalu banyak yang daftar jadi dikurangin pendaftarnya biar yang udah nunggu lama diselesain dulu..

      Delete
  35. ikut bantu jawab, tadi sih pas saya lagi antri sidik jari, katanya kalo yg pernah rekam sidik jari mau tahun 2010 atau thn berapapun, asal dibawa SKCK lamanya dan rekam sidik jarinya di tempat yang sama (polrestabes Bandung) GA USAH sidik jari lagi, tinggal dateng ke tempat sidik jarinya nanti kasih tau petugasnya, langsung dikasih jalur cepat buat dpt cap legalisir rekam sidik jari di FC Akta atau FC KK nya, sebagai bukti udah pernah rekam sidik jari, jd ga usah ngantri lama barengan sama yg diambil sidik jarinya

    ReplyDelete
  36. saya sekarang di kabupaten bandung tapi domisili luar kota/kab bandung. sudah buat surat domisili kab bandung, berarti bikin skck buat cpns ke polres kab bandung atau polrestabes kota bandung? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung saja ke kab Bandung sepertinya gan..

      Delete
  37. Kang, hrs ada surat pengantar dr polsek sesuai domisili ga? Kmrn saya sempet nlvn ke kt nya hrs ada surat pengantar dr polsek tmpt alamat qta tinggal baru dr situ ke polres jln jawa ? Bner ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan saya sih,, surat dari RT saja bila bukan warga Bandung..

      Delete
  38. Kang itu foto nya berapa lembar? Perempuan juga background Merah kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hrs merah mba,, jumlahnya ada di artikel di atas..

      Delete
  39. wajib banget ke polres kang? gabisa di polsek gitu?

    ReplyDelete
  40. Kang harus yang dijalan jawa atau bisa polres lain? Kaya yang di ujung berung gitu?

    ReplyDelete
  41. Mass kalau sabtu setengah hari nya sampe jm brp yaa?? Saya kerja sampe jm 1 soalnya :(
    Btw makasih postingannya sangat membantuuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe jam 12 klo ga salah mah,,

      sama-sama gan,, senang bisa membantu..

      Delete
  42. Klo sya tinggal di pasirkoja di bojong loa kaler, bisa di polsek bojongloa apa ttep harus ke jalan jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ber ktp Bandung,, harus jalan jawa kang

      Delete
  43. Pengalaman saya seminggu yg lalu,
    Saya skrng tinggal di daerah cinunuk-Cleunyi
    Dan ktp diluar bandung kebetulan sdh punya surat domisili dr rt tmpt tinggal sekarang, kemudian sy urua di polsek panyawungan sebrang tol cileunyi, tapi ditolak alasannya kami tidak bisa membuatkan skck diluar ktp bandung walaupun bpk menyertakan surat domisili, mungkin kalo di polres soreang bisa kali yah?

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  45. Kalo misalnya gak ada akte kelahiran bagaimana ya, , ,apakah bisa di ganti dengan yg lain.... mohon infonya

    ReplyDelete
  46. Kalo misalnya gak ada akte kelahiran bagaimana ya, , ,apakah bisa di ganti dengan yg lain.... mohon infonya

    ReplyDelete
  47. Kalo. Misalnya.. Ktp Sumatera bikiinnya di jakarta apa bisa y..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau nih yg ini,, kabarnya sih bisa di Bandung,, hrsnya Jakarta juga bisa..

      Delete
  48. klo akta kelahiran hilang, bisa pake ijasah terakhir?

    ReplyDelete
  49. gan maaf mau tanya, kalo bikin skck nya di polsek kecamatan apa aja persyaratan nya?

    ReplyDelete
  50. Tetap ga bisa gan, saya hari ini sudah ke polrestabes bandung yang dijalan jawa, tetap ga bisa, dan harus kembali ke daerah domisili

    ReplyDelete
  51. Tanya kang,ktp palembang bisa buat skck Dibandung ya pake surat domisili rt/rw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini masih abu-abu gan,, ada yg bilang bisa ada yang bilang tidak..

      Delete
  52. Gan, mau tanya, itu SKCK berlaku untuk berapa lama?

    ReplyDelete
  53. Selamat malam
    Di KTP saya berdomisili di kabupaten ,apakah bisa atau tidak saya membuat skck di polres kota?
    Soalnya sekarang saya tinggal di kota,tapi tidak menetap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bisa,, tapi pakai surat pengantar dari RT/RW dari tempat tinggal sekarang

      Delete
  54. Mas permisi maaf mau bertanya nih, pada saat dari loket pembuatan skck kan langsung disuruh ke pembuatan sidik jari nah pas di loketnya dapet kertas 1 lembar gitu ga mas atau dapetnya pas di pembuatan sidik jari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih formulir untuk diisi mas,, dengan melampirkan juga foto,,

      Delete
  55. Agan rizky. Saya mau bertanya ni kalau g da kk gmn y

    ReplyDelete
  56. Info yg sangat bermanfaat gan.. Mengingat saya besok mau bikin skck juga gan....

    ReplyDelete
  57. Ka kalau hari minggu buka engga hehe

    ReplyDelete
  58. kang kalo misalnya pke akte aja gpp? soalnya ijazah nya blm kluar di sekolah

    ReplyDelete
  59. kalau tanggal merah tapi di hari biasa, buka ga polresnya ?

    ReplyDelete
  60. Kang untuk sekarang gausah pake surat pengantar rt/rw? Domisili bandung

    ReplyDelete
  61. Maaf mau tanya, kalau ktp daerah Kuningan bisa bikin skck di bdg ga ya?

    ReplyDelete
  62. Gan kalo warga lembang perlu pengantar ga ya kira2 ?

    ReplyDelete
  63. Mas tolong dibales. Pembuatan SKCK mereka melayani sampai hari Sabtu juga?

    ReplyDelete
  64. Kang tolong dibalas ya, saya yang KTP Padang bisa gak buat SKCK di Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka No.18-21?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.