5 Pemain Indonesia yang Bermain di Malaysia Super League 2018



Sumber: Wikipedia.com



Hi, para penikmat sepakbola Indonesia.. Musim ini terjadi exodus yang cukup besar dari pemain-pemain lokal kita. Tercatat tidak kurang dari 10 pemain Indonesia berpindah untuk bermain di luar negeri khususnya Malaysia dan Thailand. Tidak semua pemain mengungkapkan alasan mereka untuk bermain di luar negera, beberapa pemain mengaku bermain di luar negeri adalah untuk mendapatkan pengalaman dan tangatngan baru.

Kepindahan pemain-pemain lokal kita ini pun sempat menjadi kontorversi setelah ketua umum PSSI mengatakan bahwa mereka yang bermain di luar negeri  tidak memiliki jiwa Nasionalisme.  Hmmm,, iyakah? Menurut saya pribadi ini tidak lah masuk akal bermain di luar negeri disamakan dengan tidak memiliki jiwa Nasionalisme, bermain di luar negeri menurut saya adalah baik, apalagi bila kompetisinya memang lebih baik dari liga Nasional kita, ini akan membantu untuk mengembangkan permainan dari si pemain tersebut. Andik Vermansyah contoh nya, bagi saya pribadi Andik yang dulu terlalu banyak lari tanpa effisiensi yang baik dalam menggunakan kelebihannya. Saat di Piala AFF 2016, terlihat bahwa Andik lebih dewasa dalam bermain. Well, itu pendapat saya sebagai penonton dan penikmat Sepakbola.

Berikut terdapat 5 pemain yang pada tahun ini bermain di Liga Malaysia Super League



5 Pemain Indonesia yang bermain di Malaysia Super League

1.       Evan Dimas

Pemain kelahiran Surabaya ini bergabung dengan klub Selangor FA dari Bhayangkara FC. Sempat mengalami pertentangan dari PSSI terkait tenaganya yang dibutuhkan oleh  Timnas untuk menghadapi Asian Games, akhirnya Evan Dimas  dapat bergabung bersama Selangor FA setelah Presiden Federasi Sepak Bola Selangor (FAS) Datuk Sri Subahan Kamal bertemu dengan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Pemain yang berhasil mengantarkan Timnas U19 juara piala AFF  ini dikontrak selama semusim oleh Selangor FA.  


2.       Ilham Udin Armaiyn

Pemain asal Maluku Utara ini bergabung dengan klub Selangor FA dari Bhayangkara FC. Ilham berpindah ke Mlaysia bersamaan dengan rekannya Evan Dimas. Pemain yang biasa beroprasi di sisi sayap ini dikontrak untuk satu tahun oleh Selangor FA.


3.       Ferdinand Sinaga

Pemain yang pada September nanti akan berusia 30 tahun ini bergabung dengan klub Kelantan FA dari PSM.  Presiden klub Puan Kelantan FA, Bibi Ramjani mengatakan alasannya dalam merekrut Ferdinand adalah karena Ferdinand dinilai memiliki karakter yang sesuai dengan Kelanta FA.


4.       Achmad Jupriyanto

Pemain berusia 31 tahun ini bergabung ke klub Kuala Lumpur FA dari Persib. Sebelum merapat ke Malaysia, Jupriyanto sudah didekati oleh tim dari Thailand tetapi menurut Jupriyanto Kuala Lumpur FA adalah tim yang paling serius dalam mendekatinya sehingga ia lebih memilih untuk meneruskan karirnya di Malaysia.


5.       Andik Vermansyah

Pemain yang selama 4 musim berseragam Selangor FA ini memutuskan untuk bergabung dengan klub Malaysia lainnya Kedah FA. Sempat  bersitegang dengan agennya karena ia gagal gabung Persebaya, Andik akhirnya memutuskan untuk tetap di Malaysia walaupun klub asal Bandung, Persib dikabarkan tertarik untuk menggunakan jasanya.

Well, itulah lima pemain yang musim ini akan bermain di Liga Malaysia Super League. Semoga mereka bisa bermain dengan baik dan dapat membanggakan Indonesia.

Referensi:
Kompas.com
indosport.com
Topskor.com
Viva.com
goal.com
utusan.com.my
sumber.com
foxsportsasia.com



No comments

Powered by Blogger.