UK melakukan expedisi ke Gunung es Antartika


 Sumber: BBC.om

Ada berita dari Eropa, Para ilmuwan dari UK (United Kingdom) akan melakukan ekspedisi pada Minggu depan untuk mempelajari wilayah Antartika yang telah tersembunyi selama ribuan tahun. British Antartic Survey akan memimpin ekspedisi untuk megeksplore ekosistem bawah laut yang tercipta saat sebuah Gunung Es memisahkan diri dari Semenanjung Antartika pada tahun lalu. Bagian dari Gunung es yang terpisah dari “induknya” ini diberi nama A68
Gambar A68 (BBC.com)

Para peneliti ini akan berada di Antartka selama tiga Minggu, dari Februari hingga Maret dengan menumpangi Kapal penelitian RRS James Clark Ross. Dr Katrin Linse, seorang ahli Biologi dari British Antartic Survey yang sekaligus adalah pemimpin dari misi ini mengatakan bahwa ini adalah kesempatan untuk mempelajari kehidupan laut setelah terjadinya perubahan lingkungan yang dramatis.

Menurut Dr Katrin, teamnya harus tiba di Antartika dengan cepat sebelum terjadinya perubahan kehidupan di bawah laut dengan masukknya sinar Matahari dan kemungkinan akan munculnya spesies baru yang berkoloni. Yang jelas baginya ini adalah misi yang sangat menarik.

Prof David Vaughan, Direktur Scientist dari British Antartic Survey mengatakan bahwa ini adalah perjalanan yang berbahaya akan tetapi ia berharap timnya dapat melewatinya dengan berani. Dia pun akan semaksimal mungkin untuk membantu timnya karena menurutnya  ini adalah ekspedisi yang sangat penting untuk ilmu pengetahuan.
Gambar Perbandingan Gunung es


Bongkahan dari Gunung Es ini yang disebut A68, akan memberikan wawasan baru tentang bagaimana kehidupan berlangsung di wilayah yang memiliki cuaca ekstrim. Selain itu, ekspedisi ini akan menjelaskan bagaimanakah keberlanjutan dari kehidupan di kutub saat terjadi perubahan iklim

No comments

Powered by Blogger.