Pengalaman Kerja Online di LionBridge Indonesia #Review





Hi, di artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bekerja secara online atau remote di situs kerja Online LionBridge sekalian memberikan review mengenai pekerjaan di Lionbridge.

Kalian juga bisa menonton video review tentang LionBridge di Channel Youtube saya, bila lebih suka menonton dan mendengarkan hehe.

Bagi yang mau lanjut baca, kita lanjutkan review dan pengalaman saya di Lionbridge..

Lionbridge adalah perusahaan yang meyediakan layanan data yang umumnya akan digunakan untuk pengembangan mesin Artificial intelegent (AI) alias kecerdasan buatan. 

Lionbridge merupakan perusahaan asal Amerika Serikat dengan nama perusahaan lengkapnya adalah Lionbridge Technologies, Inc.

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang bergabung bersama Lionbridge dan mengerjakan tugas-tugas yang disediakan. Keuntungan lionbridge adalah kita dapat bekerja di rumah dengan menggunakan jaringan internet dan perangkat keras laptop atau PC dan juga smartphone.

Hal ini tentu dapat membantu kita yang menginginkan pekerjaan sampingan tanpa meninggalkan rumah, karena di Lionbridge kita bisa bekerja secara online di rumah kita sendiri.

Saya sendiri baru mengenal situs LionBridge ini sekitar tahun 2018, ketika ingin mencari penghasilan lewat internet, ditemukanlah Lionbridge dan Appen. Kedua situs tersebut merupakan situs yang menyediakan pekerjaan secara remote, artinya kita bisa bekerja dimana saja asalkan terhubung dengan koneksi internet dan memiliki laptop atau komputer.

Perbedaan antara Lionbridge dan Appen adalah Lionbridge  lebih condong dengan project yang berasal dari Google, sedangkan Appen lebih condong pada project dari Apple.

Saya tentu mencoba keduanya, namun ketika saya mencoba melamar tidak ada sama sekali panggilan untuk mengikuti Tes, sehingga saya pun meninggalkan kedua situs ini.

Pada 2019 saya kembali mencoba LionBridge karena ada teman saya yang sudah diterima dan bekerja secara remote di LionBridge pada saat itu.

Lalu saya kembali mencoba untuk melamar di LionBridge saya kembali memulai dari awal dengan mendaftarkan email baru dan mengisi biodata dengan lebih teliti dan menggunakan Bahasa Inggris yang lebih baik.

Pada Bulan Mei akhirnya saya mendapatkan “Surat cinta” dari Lionbridge mengenai saya yang dapat melanjutkan ke proses seleksi sebagai Internet Assesor dengan gaji sekian USD perjam nya.




Lalu saya membalas email tersebut bahwa saya menyetujui gaji tersebut dan bersedia mengikuti seleksi untuk bekerja di LionBridge.



Setelah itu saya diberikan akses untuk masuk ke website untuk ujian, dan diberikan panduan berupa file Pdf sebagai General Guidelines yang berisi teori-teori mengenai pekerjaan yang akan saya lakukan bila lolos tes.


Saya pun diberikan jadwal ujian pada tanggal 22 Mei 2019.

Ujian ini berlangsung selama 7 hari dengan 3 Task atau 3 Type Soal. Karena waktu yang panjang saya memutuskan untuk membaca-baca terlebih dahulu teori yang diberikan agar setidaknya saya tidak blank ketika mengerjakan tes tersebut.



Ketika sudah siap saya pun mengambil Test pertama yaitu Ujian Teori. Ujian ini berupa pilihan ganda dan hampir semua jawabannya dapat saya temukan di file teori yang diberikan LionBridge. Dalam mengejarkaan tes pertama ini, saya membuka file teori tersebut dan mencari kata kunci dari soal dengan menggunakan Ctrl + F, alias find atau mencari.

Ketika kata kunci ditemukan biasanya jawaban pun ditemukan. Ujian teori ini bisa dibilang yang paling mudah, disini diperlukan ketelitian dan kesabaran karena solanya tidak sedikit tapi puluhan.

Setelah mengerjakan test pertama saya pun langsung mendapatkan hasilnya bahwa saya lulus dan berhak melanjutkan ke Test berikutnya.




Bila kita gagal di tes pertama, maka kita tidak bisa mengulang dan bahkan dilarang melamar diposisi yang sama, jadi memang harus teliti ketika mengerjakan soalnya hehe.

Di tes kedua saya tidak langsung mengerjakannya hari itu juga, tetapi saya menunggu esok hari karea menurut saya, perlu waktu dan energi yang lebih fresh mengingat soal berikutnya pasti juga akan butuh ketelitian.

Tes kedua ini berupa praktek untuk menilai suatu halaman dalam sebuah Web, disebut sebagai Page Quality.

Pada test ini saya masih menjadikan file teori yang diberikan sebagai kunci utama, dari setiap soal yang muncul saya biasanya mencari contoh soal yang mirip dengan soal pada tes lalu memutuskan jawaban apa yang akan saya berikan.

Hasilnya ternyata memuaskan dan saya lolos untuk menghadapi tes ketiga.




Pada test ketiga ini saya kembali menghadapi soal praktek, kali ini saya diminta menilai hasil dari pencarian di google apakah sesuai atau tidak dengan kata yang diminta user.

Sama seperti pada tes kedua, saya mengerjakan tes tersebut di keesokan harinya dan ketika mengerjakan tes saya selalu mencari soal yang mirip atau satu tipe dengan soal pada tes tersebut.

Setelah selesai mengerjakan soal-soal tersebut, saya tidak langsung mendapatkan pembritahuan dari Lionbridge tentang kelolosan saya.

Saya harus menunggu dua hari untuk mendapatkan hasil test tersebut dan hasilnya saya lolos menjadi anggota Lionbridge.




Lionbridge lalu memberikan saya email ini, yang disebut sebagai tanda “Sah” bahwa saya menjadi bagian Lionbridge. “Welcome to the Program”




Setelah itu saya diberikan link untuk dashboard sebagai “karyawan” lionbridge dan juga portal untuk bekerja.

Dalam bekerja di LionBridge saya biasanya bekerja di Malam hari atau Pagi hari, karena masih bekerja sebagai karyawan di dunia nyata hehe.

Ketersedian “Task” untuk saya kerjaan setiap harinya tidak lah tentu jumlahnya, kadang banyak kadang tidak ada sama sekali dan yang paling sering Task muncul di jam kerja dan tentu saya tidak bisa mengerjakan Task tersebut hehe.

Bisa dikatakan saya belum maksimal kerja di LionBridge ini karena belum bisa mengerjakan banyak Task, tapi sepertinya LionBridge masih menilai waktu kerja saya masih wajar sehingga tidak mendapatkan teguran.

Untuk bayaran di LionBridge, saya selalu mendapatkan bayaran di akhir bulan sekitar tanggal 20an, hampir tidak pernah sama tanggalnya setiap bulan karena perlu proses penukaran uang dari USD ke Rupiah. Tapi yang pasti hingga saat ini LionBridge masih tetap membayar dan bukan Scam.


Bukti Pembayaran Lionbridge

Well, semoga pekerjaan di Lionbridge bisa semakin ramai agar saya bisa menggali dollar lebih banyak 😁

Kalian juga bisa menonton video review tentang LionBridge di Youtube saya berikut, bila lebih suka menonton dan mendengarkan hehe.

Pengalama Kerja di LionBridge
Tips Lolos Lionbridge Versi Ane


Bagi kalian yang ingin mencoba LionBridge, semoga beruntung 😊

21 comments:

  1. Kak aku udah coba daftar,lalu beberapa minggu kemudian aku dapat email dikasih linknya gitu
    Disitu disuruh mengisi bio untuk selanjutnya mendapat tes
    Tpi disaat mengisi bio bagian alamat saya tidak bisa"
    Mohon petunjuk dan bantuannya kak.
    Saya sudah kirim gmbr lewat dm ig kakak.
    Mohon di cek
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Halo
    Saya juga baru setahun kerja di lionbridge sebagai SME . Saat itu saya daftar lewat linkedid. Nanti 22 September mau habis kontrak nya.
    Nah kalau boleh tau itu gimana caranya bisa apply lagi ya? Saya cek di linkedid ga buka2 lagi soalnya. Mohon pencerahan nya , terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba langsung ke websitenya ya,, disana biasanya ada dikasih tau tentang lowongannya,,

      Delete
  3. Minta Link Signup nya dunk kakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ke lionbridge.com aja, atau lewat workmarket..
      ada di video ini sedikit infonya ya..
      https://www.youtube.com/watch?v=PdSyKLmIw-c

      Delete
  4. Kak,q saat ini kan sdh kerja di Lb sbgai SEE tapi kenapa ya task nya kok jrg sekali muncul kdg 3hari juga hak ada task sama sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pengaruh pandemi sih,, jd task berkurang

      Delete
  5. Kebetulan udah lolos SEE dan disuruh bikin akun supplier portal. Ngasih task sama paymentnya apakah lewat supplier portal atau workmarket ya?

    ReplyDelete
  6. Hai kak mau tanya dong aku baru 1 1/2 bulan kerja di lionbridge sudah dpt invoice untuk pembayaran bln november yg dibayar bulan ini kira-kira berapa hari ya pembayaranya sampai di account kita,,??makasi

    ReplyDelete
  7. Kak, aku coba ikut Project hand movements di lionbridge. Hanya saja saya bibgung dimana harus kirim datanya, apakah di email yang saya terima atau dimana ya kak ? Mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Halo kak, saya baru daftar di Lionbridge nah Kita Kira untuk ke proses selanjutnya biasanya berapa lama ya kak? Apakah sampai sebulan? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling cepet bisa seminggu,, tapi bisa juga sampai sebulan, tergantung kebutuhan dari LB nya

      Delete
  9. Halo kak, izin bertanya saya sudah dapat email qualification dengan jawab 8 pertanyaan gituu. Nah setelah ini apa akan ada tes lagi atau tidak ya? Btw ini saya dapet email untuk search engine evaluator project di Lionbridge. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya soalnya tidak ada quidelines yang tebal yang dimaksud, jadi gmana ya?

      Delete
    2. Saya juga dapet email untuk SEE Project ini kak, harusnya sih ada tes lagi kak setelah ini

      Delete
    3. @AZZAHRA memang berbeda untuk setiap project,,
      dari LB biasanya ada intruksinya lewat email,, mungkin setelah menjawab pertanyaan akan diumumin di email selanjutnya..

      Delete
    4. ohgitu yaa, sepertinya perjalanan masih panjang huhuu..
      okedeh, makasih ya kak buat sharingnyaa.

      Delete
  10. Mau tanya saya ada nemu kontak dari tele trus katanya dari Lionbridge trus disuruh isi biodata seperti nama, umur, negara, email. Apakah itu betul, saya hanya takut karena jaman sekarang banyak penipuan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.