Pengalaman Bergabung Usertesting.com




Hai, di artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya ketika berhasil bergabung bersama Usertesting.com.

Usertesting.com adalah sebuah website yang memiliki tujuan untuk memperbaiki kualitas suatu website atau pun aplikasi dengan melakukan uji coba terhadap objek tersebut.



Di dalam usertesting.com kita diberi kesempatan untuk dapat bergabung dan menjadi “Pekerja” sebagai tester, dimana kita akan memiliki tugas untuk mencoba suatu aplikasi atau suatu web dengan tujuan memperbaiki kualitas dari aplikasi atau web tersebut.

Dalam mengerjakan tugas-tugas ini, bila kita bisa menyelesaikannya dengan baik kita akan diberikan upah oleh Usertesting.com dalam mata uang dollar.

Saya pun akhirnya tertarik dengan usertesing.com ini dan ingin mencoba menjadi Tester. Lalu saya mendaftar di usertesting dan mengambil ujian untuk menjadi tester.

Sebelum mengerjakan ujian tersebut saya diminta menginstal suatu aplikasi untuk merekam screen laptop/PC dan juga untuk merekam suara kita. Karena saat ujian  kita diminta untuk menilai suatu web dengan beberapa tugas khusus seperti mencari kontak, mencari alamat di web, dan lain sebagainya.

Nah, setelah menginstal aplikasi yang diminta saya pun melakukan tes di Usertesting.com, saat itu saya diminta untuk mereview suatu web museum dan diberikan tugas seperti mencari jadwal buka Museum tersebut dan juga alamat dari museum tersebut.

Dalam mengerjakan Test tersebut saya diminta untuk berbicara dalam bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan tersebut secara verbal, alias langsung dikatakan apa jawabanya, dan tentu saja dalam bahasa Inggris.

Dalam mencari jawaban kita pun diminta untuk tidak pernah diam alias harus selalu ngomong, mau jawabannya udah ketemu atau belum kita diminta untuk selalu berbicara. Karena selain jawaban yang tepat sepertinya kemampuan kita dalam berbahasa Inggris pun dinilai disini.

Ketika ujian ini saya pun berusaha untuk terus berbicara sambil mencari jawaban dari soal yang diberikan. Setelah mendapatkan jawabannya dan selesai mengerjakan tes tersebut saya pun diminta menunggu email tentang hasil tes saya.

Hasilnya,, saya gagal lolos.. huhu



Sepertinya karena saya terlalu lama mencari jawaban dan bahasa inggris saya yang sering belibet menyebabkan saya gagal lolos.

Lalu saya mencoba untuk menunggu sekitar satu minggu untuk melakukan tes lagi agar saya lebih siap ketika berbicara dalam bahasa Inggris.

Lalu saya pun melakukan ujian kedua ketika saya sudah lebih siap, dan ternyata soal yang diberikan sama dengan ujian awal saya.

Tentu ini adalah keuntungan karena saya sudah tau apa jawaban dari soal-soal yang diberikan. Saya pun dapat lebih santai dan tenang dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris.  Hasilya saya lulus Ujian tersebut dan resmi bergabung bersama Usertesting.com.



Tentu perasaan saya senang sekali ketika lulus ujian tersebut dan berharap bisa mendapatkan dollar di usertesting.com

Akan tetapi,, setelah berhasil bergabung hingga saat ini saya belum pernah sekalipun mendapatkan pekerjaan di Usertesting.com ini. Kenapa? Karena dalam setiap pekerjaan yang tersedia kita harus melakukan screnner terlebih dahulu atau semacam survey yang berisi pertanyaan tentang kecocokkan kita dengan pekerjaan tersebut.

Contoh tugas kita adalah menilai suatu aplikasi Map di Amerika, maka saya tidak akan bisa mengambil tugas ini karena saya berasal dari Indonesia, atau ada tugas untuk menilai suatu software edit video, bila saya tidak pernah memiliki pengalaman mengedit video maka saya pun tidak akan bisa mengerjakan tugas tersebut.

Jadi, dari pertama kali saya diterima hingga sekarang saya belum pernah mendapatkan tugas yang sesuai dengan background pendidikan, pekerjaan, ataupun lokasi saya.

Selain itu, saya adalah pendatang baru yang belum mendapatkan review dari klien, tentu saya akan kalah bersaing dengan mereka yang lebih senior dan sudah memiliki resputasi.

Walapun begitu ini merupakan pengalaman yang cukup baik bagi saya karena bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggris saya dengan lolos ujian usertesting.com ini., ya, walaupun tetap kecewa juga karena belum pernah mendapatkan penghasilan di usertesting.com.

Apakah Usertesting.com scam?

Saya sendiri belum bisa memastikan karena belum pernah bekerja dan menghasilkan dollar dari situs ini akan tetapi bila kalian coba cari di Youtube ada video-video yang menunjukkan bahwa mereka memang dibayar oleh usertesting.com

Hanya saja saya belum menemukan video tersebut dari orang Indonesia, hehe, mungkin semoga saya bisa menjadi yang pertama membuat video tentang scam atau legit nya Usertesting, itu pun kalau dapet job di usertesting.com heheh.

Well, demikian sedikit pengalaman saya bergabung dengan usertesting.com, bagi kalian yang ingin bergabung dapat mengklik link berikut Usertesting.com.

Bagi kalian yang lebih suka menonton video dapat menonton kisah saya ini di channel Youtube saya berikut:

 Pengalaman Bergabung UserTesting.com sebagai Tester

Good Luck bagi kalian yang ingin mencoba! 😊

 

No comments

Powered by Blogger.