Cara Mengambil Motor yang Disita Polisi Karena Ditilang



Hi semuanyahh,, kali ini saya mau berbagi pengalaman ketika motor saya kena sita oleh Polisi di daerah Bandung. Motor saya disita saat itu karena saya lupa membawa STNK dan akhirnya saya harus merelakan motor saya untuk  “dirumahkan” oleh Pa Polisi.
Cara Mengambil Motor yang Ditilang atau disita Polisi adalah dengan mendatangi kantor Polisi dengan membawa STNK motor tersebut. Prosedur Cara mengambil motor yang disita Polisi ini sebenarnya cukup mudah asalkan kita memilki surat-surat resmi dari Motor yang ditilang atau disita tersebut.

Cara Mengambil Motor yang kena tilang dan disita Polisi harus dilakukan di Polsek terkait. Motor yang ditilang dan disita Polisi tersebut pastinya ada dalam keadaan aman, motor tersebut ditahan Polisi di kantornya sehingga dijamin keamanannya.

Jadi, anda tidak perlu panik. Cara pengambilan sepeda motor di Polsek harus dengan membawa SIM, STNK, dan juga surat tilang dari Polisi. Cara tebus motor di polsek tidak terlalu ribet asal kita memilki semua syarat yang diperlukan. Bagaimana proses pengambilan motor yang disita karena kena tilang?

Berikut Pengalaman motor disita Polisi yang saya alami dan Cara mengambil motor yang ditilang Polisi:

Waktu itu hari Sabtu dan saya pergi mengantarkan adik saya ke Sekolahnya. STNK dari motor yang saya gunakan ini biasanya dipegang oleh adik saya, karena dia biasanya pergi sendiri ke Sekolahnya. Tetapi karena ada urusan, maka saya harus ikut pergi ke Sekolahnya.

Setelah urusan saya selesai dan bersiap pulang, adik saya ini pergi untuk kerja kelompok bersama temannya sehingga saya harus pulang sendiri ke rumah.

Karena merasa semua urusan sudah selesai saya pun langsung pulang kerumah dan saya tidak sadar bahwa STNK motor lupa untuk saya minta.

Di tengah perjalan saya pun tersadar bahwa saya tidak membawa STNK, akan tetapi karena biasanya tidak ada Razia maka saya pun tenang saja melewati jalanan dengan penuh senyum J.

Dannn!!! Eng ing eng!!!!! Tiba-tiba ada razia di bunderan Cibereum arah ke CImahi.

Uwasemmm!! Ane pun distop oleh pa Polisi dan seperti biasa diminta untuk menunjukkan SIM dan STNK.  Hufftt karena tidak membawa STNK akhirnya motor saya pun ditahan oleh pa Polisi. Saya tadinya berharap bisa mendapatkan keringan dari Pa Polisi untuk menunggu STNK dari adik saya yang saya minta untuk diantarkan.

Akan tetapi, negosiasi saya tidak diindahkan oleh pa Polisi tersebut L, saya pun telah menandatangani Surat tilang berwarna Biru L.

Dengan perasaan kecewa saya pun memilih untuk pulang kerumah dan tidur wkwkwkw.

Di Hari seninya saya pergi ke kantor Polisi di “jalan Jawa” Bandung untuk menebus motor saya. Saya membawa STNK, SIM, dan BPKB motor untuk jaga-jaga, bila diminta oleh petugas.

Saya lalu segera menuju tempat pengambilan motor yang disita, posisinya diujung kiri kantor ini. Setelah tiba diruangan tersebut saya bertemu dengan Ibu Polisi dan menjelaskan keperluan saya.

Tanpa panjang lebar Ibu Polisi tersebut langsung mengajak saya ke tempat parkir, lokasi motor-motor yang kena sita. Disitu Ibu Polisi ini memastikan apakah motor saya ada di sana atau tidak dan ternyata motor saya ada di barisan paling depan didalam kumpulan “bangkai” motor yang jumlahnya mungkin sudah ratusan. Hehe ternyata banyak yang motor yang kena disita dan tak terurus.
Lalu setelahnya, saya disuruh untuk meng-copy surat tilang, SIM, dan STNK. Setelah selesai saya kembali lagi keruangan Ibu Polisi ini dan memberikan sarat yang diminta.

Semua sarat telah terkumpul, sekarang tinggal membayar denda sesuai dengan pelanggaran yang dibuat.

Setelah selesai membayar, saya disuruh untuk mengambil kunci motor dalam sebuah laci. Dan sudah bisa ditebak kunci dalam laci tersebut sudah cukup banyak. Akan tetapi dengan kekuatan mata “Byakugan”, saya berhasil menemukan kunci motor saya hehehe.

Setelah itu saya diperbolehkan untuk mengambil motor saya kembali dan membawanya pulang.

Well, demikian sedikit pengalaman saya saat Motor saya kena tilang Pa Polisi dan harus disita. Jadi bagi kalian yang ingin menebus motor yang kena tilang atau sita kalian harus membawa: STNK, SIM, dan surat tilang.  Lebih baik untuk di copy sebelum masuk ke dalam kantor Polisi agar prosesnya berjalan lebih cepat.

92 comments:

  1. Terus Bagaimana kalau Tida punya SIM Bos?
    Apa masih Bisa Ambil motornya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakilkan ama yang punya sim bos,, kalua ga punya SIM ya ga akan diijinkan untuk bawa motor di jalan raya..

      Delete
  2. Biaya tilangnya berapa pak

    ReplyDelete
  3. Bang kalau saya di tilang,trus motor saya di tahan,tapi langsung di suruh pulang,dan gak di kasih surat tilang,itu ngambil nya gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduw kok bisa,, hati-hati kena tipu kang..
      coba aja ke polres dan bawa STNK dan BPKB asli..

      Delete
  4. Bang kalo saya d tilang karna plat sudah mati.gmn ya cara ambilnya....
    Sya k pengadilan ga ad berkasnya soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduw,, saya juga pernah ditilang pas plat mati,, jadinya saya urus dulu untuk perpanjangan plat nomor,,
      Klo masih ada BPKP dan STNK nya mending diurus dulu,,
      Klo ga ada,, kemungkinan sulit untuk diambil..

      Delete
    2. Bro klo stnk nya ilang gmna
      Gw hmpr frstasi nih

      Delete
  5. Kok aq lupa gk bwa stnk kok dikasih surat tilang warna merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat tilang Warna merah : Untuk Pelanggar apabila pelanggar ingin mengikut sidang di Pengadilan Negeri.
      Warna biru : Untuk Pelanggar apabila pelanggar ingin membayar denda tilang melalui Bank yang telah ditunjuk

      Sumber: Makassar.Tribunnews.com

      Delete
  6. Bisakah mengambil motornya di hari minggu karena waktu luang saya hanya ada hari minggu saja

    ReplyDelete
  7. Nanya Om motor saya di angkut .ttus bsok mau saya ambil bawa STNK aja trus klo gak punya sim apa bisa makasih

    ReplyDelete
  8. Nanya om, STNK saya belum jadi, apakah bisa ambil motor pakai surat pembelian atau surat fakturnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake STNK sementara aja gan, ada kan,, bisa seharusnya..

      Delete
    2. Nah saya ditilang alesannya stnk sementara ga boleh, ga ngerti lahi sama polisi om
      Nanya lagi dong, itu bayar tilangnya denda maksimum atau gimana ya gan? Abis proses ambil di polres nanti slip biru apakah harus dikasih ke polisinya atau bisa kita ikutin proses ke kejaksaan? Luamayan saya dendanya 1.000.000 soalnya

      Delete
    3. buset gede banget,, denda nya bukannya 500rb ya maksimal..
      Slip biru diambil polresnya klo gasalah kita ga nyimpen apa2 lg,,

      Delete
  9. Jadi kalau nomernya mati , habis sidang harus perpanjang dulu yaaa ? Ga bisa langsung diambil sepedanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, perpanjang dulu,, atau coba aja bawa STNK asli dan BPKB mungkin ada keringanan..

      Delete
  10. Ane di tilang dan di kasih surat cinta warna merah gan, pas itu ane gak bawa stnk dan ngelawan arah dan gak punya sim... Duh berat amat yaa .. Dan Stnk ane belum bayar pajak 1 tahun ya hampir 2 tahunanlah. Itu apa motor ane tetep ditahan walaupun ane nunjukin bpkb dan stnk ane ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ada STNK dan BPKP harusnya bisa gan,, belum bayar pajak mah ga ngaruh asal plat nomornya belum mati..

      Delete
  11. Motor baru 6 bulan kena tilang.plat dah keluartp stnk baru sementara.yg disita stnk sementara.nunggu sidang stnk yg asli sudah jadi.apakah saya harus mengurus stnk sementarA yg kena tilang tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. STNK sementara ga dipake lagi ko,, mending urus STNK asli dulu,,

      Delete
  12. gan mau nanyanih, saya kena tilang tanggal 2 februari kemaren trus motor saya dibawa sama petugasnya, nah dislip birunya sidangnya tanggal 15 nanti lalu apakah saya harus menunggu sampai tanggal 15 februari nanti atau bisa ditanggal lain sebelum untuk mengmabil motor saya yg ditahan? trimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum tanggal 15 bisa gann,,
      ane juga sehari setelah ditilang ngambilnya..

      Delete
  13. Gan, itu bayar denda langsung ke polisi atau bank? Soale adek ane juga baru kena razia dan motornya diambil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke kantor Polisi dulu nanti suruh byar lewat BRI klo ga salah,,

      Delete
  14. Baru kemarin ane ketilang gara2 nda bawa stnk dan sim
    Jadi ini ntar ngambilnya bawa sim stnk sama surat tilang yg kmarin?
    Tapi kalo pajaknya mati apa ttp bisa diambil banh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa STN, SIM, surat tilang,,
      Pajak belum bayar ga masalah,, asal Nomor Polisinya masih aktif,,

      Delete
  15. Bang saya baru saja kena tilang,, trus motor saya ditahan gegara saya lupa bawa STNK sama SIM ,,,terus nanti ikut sidang bulan Maret (kelamaan bang motor dipakai buat kerja😥)
    Apa bisa ngambil motor sebelum jadwal sidang bang?? Caranya gimana? Makasih sebelumnya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIsa gan, langsung aja klo ada waktu lenggang ke Polres,, Bawa surat tilang, SIM, STNK,, ane juga satu hari setelah tilang ngambil nya..

      Delete
    2. sama gan masa harus nunggu maret padahal butuh banget

      Delete
  16. Bang ane juga kemaren baru kena tilang karna stnk dan sim ketinggalan, akhirnya motornya disita hihi, ane kira kalo kita bawa sim ama stnk ke polresnya kaga usah bayar denda soalnya ane pernah denger kita kan ga termasuk melanggar ya namanya ketinggalan mah manusiawi gitu, emg bener gitu apa gimana harusnya bang? Mohon pencerahan sama dasar hukumnya dah buat jadi pelajaran gitu bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep harus bayar gan,, ketinggalan SIM doang aja, bisa kena denda 100rb,, apalagi ga bawa dua2 nya,,hehe,,
      ada kok dasar hukumnya dan pasal2 nya,, di surat tilang kita juga ada, kita kenanya pasal apa,, dan kita bisa cari tau isi pasal tersebut,,

      Delete
  17. Motor ane di tahan polisi karna pajek ama kaleng mati, bisa ga ane lngsung ke polsek buat ambik motronya cuma bawa stnk aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm,, ane kurang yakin gan,, mungkn bisa klo bawa BPKP,,

      Delete
  18. Enter your comment...baru kemarin ane kena tilang dan motor disita ama pa pol... krna blm ada plat dan STNK, kena pasal 280 & 288. dngn total denda max 1jt rupiah.

    dikasih struk biru, dngn jadwal sidang di tgl 1 maret. lama amat ya ��

    pertanyaan ane, bisa gak tih motor ane ambil sblm jadwal sidang?
    dan bagaimana prosesnya gan?

    mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan,, ane juga ngambilnya sehari setelah motor ane ditahan..

      Delete
  19. Saran ane minta tolong sama temen ato sodara gan, ane ketilang lupa bawa sim sm stnk ,motor di bawa cm bayar 160k,itu jg cm 10 menit nunggu nya

    ReplyDelete
  20. Pelayanan tilang itu bukanya kapan ya, kemaren saya tanya paman parkir disana katanya jam 11 siang 😊

    ReplyDelete
  21. Kalo kaleng mati bisa ga tebus di polres aja

    ReplyDelete
  22. Mau tanya om. Tadi ditilang diwilayah kembangan jak-bar. krn ngk ada stnk dan sim (motor baru). Jdi mau ngk mau motor yg harus dibawa. Salahx.. ane lupa nanya motorx dibawa dimana. Sangking keselx.

    Coba nanya dipolres sekitar. Katax motorx ngk disini. Jadi kemana nih om???
    apakah harus nunggu 2 minggu dikejaksaan atau ke mabes polri langsung?
    kelamaan banget 2 minggu. Mau dipake kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok diambil langsung biasanya,, coba besok ke polres lagi.. mungkin motor belum nyampe..

      Delete
  23. Klo stnk mati dan motor di bw petugas bisa gak ya kita ngurus stnk ke samsat gak ada motor nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm,, klo ngurus STNK ada cek fisik Motor soalnya,, gpp sepertinya STNK mati coba aja gan..

      Delete
  24. Mau tanya om.. Temen ane motornya Ditahan disuruh ambil di kejaksaan sim gak ada cuman ada Stnk aja bpkbnya di sekolahin.. Kira2 bisa gak om.. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ada SIM gan,,hehe kan motor harus dikendarain pulang dari situ..

      Delete
  25. Bang mau nanya kemarinkan motor saya dicuri tapi skarang masih di tahan sama polsek gimna ya bang persyaratan pengambilanya?
    Mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduw,, kurang tau klo masalah ini gan..

      Delete
  26. Gan mau nanya saya kena denda tilang slip biru 1.5 jt sim mati sama stnk ga kebawa .jd motor disita ..apah betul segitu

    ReplyDelete
  27. Bang kalo surat-surat nya lengkap tapi motornya pajak nya mati gimana itu bang

    ReplyDelete
  28. Bang kalo surat-surat nya lengkap tapi motornya pajak nya mati gimana itu bang

    ReplyDelete
  29. Bang klo mtr baru blm ada stnk ngambilnya dmn ya? Kemaren si jadwalnya sidang tapi kaga dateng ,soalnya stnknya baru dtng sehari setelah sidang jdi gmn ya bang cara ngambil mtrnya kena denda brp biasanya??oh iya wktu ketilang pake plat orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduw,, langsung aja ke Polres gan,, bawa STNK dan BPKB karena platnya bodong,, bawa Plat nomor asli juga..

      Delete
  30. Bang mau tanya, cara ngambil mobil yg disita sama polisi, dan stnknya hilang mobil juga belum genap 6 bulan otomatis belum keluar dan mobilnya juga masih kredit, gimana langkahnya bang? Aku bingung banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bpknya belum keluar bang

      Delete
    2. pakai surat-surat yg ada aja gan,, klo pembelian resmi sih pasti bisa aja hehe

      Delete
  31. Bro lo kan ada d tertera d surat tilang nya waktu d d pengadilan apakah bisa sepeda nya dibil sebelum pengadilan...trs .Apakah dendanya langsung .D bayar d. Tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman ane sih bisa gan,, coba aja langsung ke polres,,

      Delete
  32. Gan dompet ane kan ilang sedompet dompetnya..
    KTP,SIM,STNK juga ilang,
    Nah ane kena razia,,motor ditahan,,ane udah jelasin sama polisinya tapi tetep aja ditahan..
    Itu bayarnya brp ya?
    Orang polres bilangnya ambil dipolsek,
    Orang polsek bilangnya ambil di satwil..
    Yg bener yg mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduw,, klo ane sih ngambilnya di polres gan,,
      bayarnya sekitar 500rb gan..

      Delete
  33. Gan kalau motor kredit kena tilang dita gmana amhil nya? Soal nya cuma ada bpkb doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduw,, coba aja bawa BPKB nya gan,, ke Polres..

      Delete
  34. Bang. . Klo plat mati dan STNK mati.. Trus motornya di tahan lalu saya udah menandatangani surat tilang.. Apakah dalam selang satu hari bisa nego sama polisinya . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane sih sehari bisa,, coba aja gan,, yg penting STNK masih asli..

      Delete
  35. Om saya mau tanya nih..anak saya bawa motor gak bw stnk kena tilang motor dibawa kepolres kira2 biayanya brp? terima kasih

    ReplyDelete
  36. Bang mau tanya saya kan kena tilang dpt surat yg merah, jadi gausah nunggu tanggal sidang yg ditentuin baru bisa ambil motornya? setelah ambil motor apa nanti tetep hrs dateng kesidang yg udh ditentuin sbeelum nya, makasi..

    ReplyDelete
  37. Bang, saya mau tanya nih, motor saya kan motor bodong, trus ditilang ,kira2 masih bisa di ambil lagi nggak bang..??

    ReplyDelete
  38. Gw abis kena tilang kata nya balap liar padahal cuma ga pake body motor, nah di slip biru pasalnya 291 ayat 1(ga pake helm) nah itu ditahan 1bulan motornya bisa langsung diambil ga motornya atau nunggu 1bulan duly?

    ReplyDelete
  39. Tanya bang, istri saya kena tiang karena gx bawa sim, pajek mati 2 tahun, plat mati, apakah bisa langsung diambil dengan syarat bpkb dan stnk asli? Apa harus ngurus pajak dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih tetap bisa gan gan,, karena ada surat resminya.. coba aja langsung ke TKP gan,, bawa semua surat2..

      Delete
  40. Bang klo slip biru ikut sidang gimna ya, cara ngambil motorny

    ReplyDelete
    Replies
    1. dating langsung aja gan ke tempat sidang,,

      Delete
  41. Kak kalau motor saya ditahan karena stnk saya hilang, terus dikasih surat tilang warna biru.. itu harus gimana yah untuk ambil motornya?

    ReplyDelete
  42. Kalau motor ditahan karena stnk hilang, sedangkan kalau mau urus stnk lagi kan harus ada check fisik motor.. padahal motornya kan ditahan, gimana dong tuh?

    ReplyDelete
  43. Mau nanya ni,tadi saya kena tilang karna tidak memakai helm, terus saya lupa bawa stnk dan sim, nah motor saya yang di bawa
    Pertanyaan nya,apakah bisa stnk di tukar sm motor mksd nya sebagai jaminan nya gan.
    Karna saya butuh motor untuk kerja.
    Sedangkan saya belum ada uang buat bayar denda.
    Apakah bisa nanti ke kapolres tukar stnk dengan motor .
    Tolong penjelasan nya ya gan
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau ane sepertinya ga bisa gan,, harus bayar denda dulu

      Delete
  44. Kalau stnk hilang bro ,ama bpkb belum keluar? alasan motor masih cicilan

    ReplyDelete
  45. Gan mau nanya, motor ane udh full custom tp msih sesuai anjuran pak ardila polri, tp kok ttp susah y buat kluarin motor? Padahal sy udh dtng bawa stnk dan bpkb buat bayar denda tilang, tp ttp g bs alesannya motornya di modif... Yg jd pertanyaan gmn itu bang prosedurnya supya motor ane kluat?

    ReplyDelete
  46. gan mau tanya kemarin sore adik saya kenat tilang ga pake helm ga punya sim sama gabawa stnk. stnknya telat 1thn motornya ditahan. saya udah trus stnka udh di perpanjang. saya mau tuker motor sama stnk kok gabisa yah? ini ngambil motornya nunggu sidang dlu apa bisa sblm hari sidang? klu mau ngambil harus ada sim sedangkan adik saya ga punya sim. itu yg ngambil diwakilin sama saya tapi ttp ga bis

    ReplyDelete
    Replies
    1. diwakilkan aja gan sama saudara/temen yg punya SIM,, yang penting bawa surat tilangnya juga.. dan STNK yang penting asli,, bawa aja gan..

      Delete

Powered by Blogger.