Bulan akan mendapatkan sinyal 4G



Yap, beneran ini mah,, bukan hanya bumi kita yang mempunyai sinyal 4G, bulan pun akan memiliki sinyal 4G untuk tahun depan. Hal ini memungkinan untuk dilakukan streaming dari Bulan ke Bumi dengan kualitas High-definition (HD). Vodafone,Nokia, dan Audia akan saling bekerjasama untuk memuluskan misi yang dilakukan oleh perusahaan PTScientists.
Vodafone akan membangun jaringan 4G di bulan. Jaringan ini akan menghubungkan dua Audio Lunar Quattro rovers dengan Base stationnya. Sedangkan Nokia akan menciptakan sebuah Ultra Compact Network teringan (kurang dari satu kilogram) yang pernah ada yang dapat membangun koneksi jaringan hanya dalam hitungan menit.
Vodafone mengatakan, Base stasion yang digunakan bekerja pada frekuensi 1800 MHz. Nantinya video dari bulan ini akan dibroadcast secara global  dengan kualitas High-definition (HD) tentunya.  PTScientist di Berlin akan menjadi server  untuk misi ini.
Menurut pendiri sekaligus Chief executive dari PTScientist, Robert Bohme mengatakan, ini merupakan langkah krusial untuk lebih meng-explore tata surya kita. Dengan dibangunnya sistem telekomunikasi bergerak (dedicated Communication network) akan memberikan kemungkinan yang lebih besar bagi manusia untuk bisa “jalan-jalan” ke Planet lain.
Mendapatkan koneksi 4G dengan kualitas HD akan mempermudah para peneliti dalam mendapatkan data yang akurat dengan waktu yang cepat. Bila misi ini berhasil dijalankan maka hal ini akan mengefisienkan waktu dan tenaga para peneliti dalam mempelajari  tata surya kita yang sangat luas ini.
Misi ini sendiri akan dilakukan pada tahun depan di Cape Canaveral, Amerika, menggunakan Roket SpaceX Falcon 9. Ini berarti, misi ini akan menjadi misi pertama ke bulan dalam 50 tahun terakhir setelah NASA yang sukses mendaratkan manusia ke Bulan (walupun masih penuh dengan kontroversi hehe).
Well, semoga misi ini dapat berhasil dan jaringan 4G di Bulan dapat dibangun,, dan mungkin di masa depan kita benar-benar bisa jalan-jalan ke bulan seperti jalan-jalan ke pasar Minggu sambil melakukan video call.  :wkwkw
Referensi:
Theguardian.com
en.wikipedia.org
onestore.nokia.com

No comments

Powered by Blogger.