Cina Akan Menjelajah Sisi Gelap Bulan (Dark Side of Moon)


Apa itu sisi Gelap Bulan?

Sisi gelap bulan yang misterius akan segera di eksplore oleh negeri Tirai Bambu alias Cina atau Tiongkok. Fakta-Fakta, rahasia, dan gambar tentang sisi gelap bulan yang masih berupa teori nantinya akan dibuktikan dalam misi ini.
Tahun ini Cina merencanakan untuk mengeksplore sisi gelap dari Bulan, area yang tidak pernah bertatapan langsung dengan bumi.
Cina nantinya akan menjadi negara pertama yang mendarat di “the dark side of the moon”.
Misi ini dimulai dengan mengirimkan Satelit Realy Queqiao dari provinsi Sichuan pada Senin Kemarin.  Queqiao yang memiliki arti “Jembatan burung Murai” akan menjadi jembatan komunikasi dalam misi ini. Dengan adanya satelit relay ini maka Tiongkok bisa untuk mengirimkan pesawat luar angkasanya ke sisi gelap bulan.
Keberadaan satelit relay Queqiao ini sangatlah penting karena kesulitan untuk mendaratkan pesawat luarangkasa di sisi gelap bulan adalah permasalahan dalam komunikasi.
Dengan adanya Queqiao yang akan berada di atas permukaan sisi gelap bulan maka masalah navigasi akan teratasi agar pesawat luarngkasa nantinya dapat mendarat dengan aman di permukaan bulan.
Queqiao akan dilengkapi dengan antena yang akan digunakan oleh para ilmuwan untuk meneliti awal terbentuknya alam semesta kita. Para astronom menyebutnya sebagai “Cosmic dark ages”, yaitu era setelah ledakan besar big bang dan sebelum tebentuknya bintang pertama yang membentuk seluruh alam semesta ini.
Berada di sisi gelap bulan merupakan sebuah keuntungan untuk penelitian ini karena akan terhindar dari interferensi elektormagnetik dari Bumi. Sehingga, akan menghasilkan pandangan yang lebih baik untuk menerima sinyal radio dan mendengarkan suara dari kosmos.
Rencananya Tiongkok akan mengirim Lunar lander dan rover yang bernama Chang’e 4 ke sisi gelap bulan pada akhir tahun ini. 
YouTube/Guardian News

Chang’e 4 nantinya juga akan membawa bibit untuk menanam kentang dan arabidopsis (tanaman berbunga  yang mirip kubis) sebagai keperluan untuk melakukan eksperimen “lunar mini biosphere”.
Zhang Lihua, Manager dari Project relay satelit ini, mengatakan pada kantor berita Xinhua bahwa peluncuran Queqiao adalah kunci dari Tiongkok dalam merealisasikan tujan mereka  untuk menjadi negara pertama yang mendarat di sisi terjauh bulan dari bumi.
Dalam misi ini Tiongkok memilki target untuk melakukan pendaratan manusia pertama di sisi gelap bulan dalam 15 tahun. China National Space Administration bahkan telah merilis video yang menunjukkan impian mereka untuk membangun “istana bulan” dengan kabin bagi para ilmuwan.
Selama satu dekade terakhir ini, Tiongkok memang sedang gencar untuk melakukan misi ke luar angkasa. Hal ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju yang telah lebih dahulu melakukan misi luar angkasa seperti Amerika dan Rusia.
Pada 2013 lalu, Tiongkok menjadi negara ketiga yang berhasil melakukan soft landing di atas Bulan.

Referensi:

No comments

Powered by Blogger.