Pengalaman Kerja di Appen Indonesia | Review Appen Online Freelancer




Hi, di artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya bekerja secara remote di Appen.com
dan sekalian memberikan review mengenai pekerjaan di Appen.

Sebelumnya, bila kalian lebih suka untuk mendengarkan dan menonton, kalian dapat menyimak video saya tentang pengalaman bekerja di Appen lewat Channel Youtube saya berikut:
Pengalaman Gabung Appen Indonesia #Review


Bagi yang mau lanjut baca, mari kita lanjutkan.. 😁

Appen adalah perusahaan yang menyediakan data untuk pengembangan suatu mesin buatan atau AI (artificial Intekegent). Appen merupakan perusahaan yang terdaftar di bursa efek Australia dengan kode APX dan perusahaan ini memiliki nama resmi Appen Limited.

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang bergabung dengan Appen untuk membantu perusahaan ini dalam mengumpulkan data. Kita yang bergabung dan bekerja bersama Appen akan diberikan tugas-tugas yang biasanya bisa kita kerjakan di rumah.

Jadi, tentu hal ini sangat baik bagi kita yang ingin memiliki pekerjaan sampingan dengan bekerja online dari  rumah kita sendiri.

Berikut pengalaman saya dari awal daftar hingga akhirnya dapat mengerjakan project yang ada di Appen Limited.

Jadi, awalnya tentu kita harus register terlebih dahulu di Appen.com kalian tinggal klik Become an Agent seperti ditunjukkan gambar di bawah ini.



Dalam registrasi tersebut kita akan diminta untuk mengisi data diri  dan juga meng-upload dokumen berupa CV (Curiculum Vitae) yang tentu harus dalam bahasa Inggris karena kita sedang mendaftar di sebuah perusahaan luar negeri.

Dan hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah usia, karena terdapat usia minimal untuk bergabung bersama Appen yaitu 18 tahun.

Bila kalian masih di bawah 18 tahun kalian tidak bisa melanjutkan proses registrasi di Appen.com ini.

Nah lalu, setelah melakukan registrasi tersebut saya mendapatkan email ini yang meminta saya untuk mengkonfirmasi nama saya sesuai dengan KTP.



Saya pun membalas email tersebut dengan mengiriman nama lengkap saya. Selanjutnya saya menerima email lagi dari Appen yang meminta saya untuk login ke Appen dan mengupload beberapa dokumen yang diminta oleh Appen.



Bila dokumen yang kita upload tersebut sesuai dengan kriteria Appen dan tidak terdapat masalah maka kita sudah bisa untuk memulai mencari pekerjaan di Appen.

Saya sendiri mendapatkan email seperti ini sebagai konfirmasi dari Appen bahwa dokumen yang saya upload sudah sesuai dengan apa yang mereka minta dan saya bisa untuk mulai mencari “Dollar” di Appen.



Di bawah ini adalah step-step yang harus kita lalui untuk menjadi anggota dari Appen dan bisa bekerja di Appen.



Bila kita sudah terdaftar maka kita bisa login ke Appen dan memiliki dashboard seperti ini, dimana kita bisa untuk melihat Project apa saya yang tersedia di Appen dan bisa untuk memulai bekerja di Appen.



Cara untuk mulai bekerja di Appen adalah kita harus meng-apply Task yang tersedia di list project yang ada di Appen ini.

Namun, tidak semua project yang kita apply akan menerima kita.

Menurut pengalaman saya dan juga diskusi bersama teman saya yang juga bekerja di Appen, banyak tugas di project appen ini bersifat "rebutan".

Mungkin hampir semua project bersifat rebutan, jadi sistemnya adalah “siapa cepat dia dapat”.

Maka dari itu kita harus sering-sering untuk mengunjungi Appen.com agar tidak kalah cepat oleh “Agent” lainnya yang juga mencari project di Appen ini.

Jenis pekerjaan di Appen ini bermacam-macam ada yang mudah, contoh seperti menilai sebuat iklan apakah merupakan iklan 18+ atau tidak, menerjemahkan suatu audio ke dalam bentuk tulisan, dan lain sebagainya.

Ada juga pekerjaan atau project yang sangat sulit.

Beberapa pekerjaan mudah di Appen ini tidak membutuhkan test yang ketat bisa dibilang sangat mudah, namun ada juga pekerjaan yang mengharuskan setiap pelamar untuk test terlebih dahulu.

Ada test yang bisa diambil satu kali saja ada juga test yang bisa kita ulang sampai batas tertentu, namun intinya pekerjaan tersebut memiliki level yang lebih tinggi sehingga membutuhkan seleksi yang lebih ketat.

Saya pribadi sekarang ini sedang mengerjakan satu project yang levelnya mudah yaitu hanya membaca suatu tulisan dalam bahasa Indonesia dimana saya harus mengupload audio dari suara saya ketika membaca kalimat tersebut.

Project yang sedang kita kerjakan ini dapat di lihat di list “I am qualified for”.

Untuk pembayaran di Appen, mereka bekerjasama dengan dompet digital Payoneer. Jadi kita diwajibkan untuk memiliki akun Payoneer.



Kita akan diminta untuk membuat akun payoneer oleh Appen ketika kita sudah mendapatkan project pertama di Appen.

Saya sendiri mendapatkan email ini untuk mendaftar di Payoneer dari link yang diberikan oleh Appen.



Setelah proses pembuatan akun Payoneer selesai saya mendapatkan email ini, sebagai konfirmasi dari Appen bahwa akun appen saya sudah ter-link dengan akun Payoneer.



Untuk mendapatkan project pertama di Appen ini bisa dikatakan susah-susah gampang, karena bila kita beruntung kita akan mendapatkan suatu project baru yang belum banyak orang yang mendaftar sehingga kita akan didahulukan sebagai pendaftar awal.

Namun, menjadi sulit karena kita tidak tahu kapan project baru tersebut akan muncul.

Hal ini membuat kita harus rajin untuk mengecek ke dashboard kita apakah ada project baru atau tidak.

Di Appen sendiri tidak ada batasan berapa project yang bisa di Apply, jadi saran saya, apply saja semua pekerjaan yang menurut kalian bisa dikerjakan oleh kemampuan kalian.

Nah, bila kalian berminat untuk bergabung di Appen, silahkan klik link berikut ini Appen.com

Sekian,, Selamat mencoba, semoga sukses 😊



Bila kalian juga suka untuk mendengarkan dan menonton, kalian dapat menyimak video saya tentang pengalaman bekerja di Appen lewat Channel Youtube saya berikut: 

No comments

Powered by Blogger.