Penghasilan Adsense Hilang di Youtube Channel #Pengalaman




Hi, di artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang penghasilan  Revenue Adsense di Youtube Channel saya, TheWebAdventure, yang tiba-tiba hilang padahal sudah terkumpul sekian dollar sebelumnya.

Jadi, begini ceritanya..

Biasanya, saya suka mengecek penghasilan di channel Youtube saya dengan membuka Youtube Channel Analitycs, disitu akan ditunjukkan penghasilan dari channel kita perharinya.

Karena saya rutin melakukan pengecekkan hampir setiap hari saya kurang lebih hafal berapa penghasilan dari Youtube saya secara total.

Selama beberapa Minggu penghasilan tersebut terus bertambah tanpa ada hal ganjil terjadi. Akan tetapi menjelang akhir bulan penghasilan saya tiba-tiba berkurang dan secara perlahan terus berkurang setiap harinya.

Hal ini terjadi selama kurang lebih dua bulan, tepatnya pada bulan September 2019 dan Oktober 2019.

Pada periode tersebut penghasilan yang sudah kumpulkan sering hilang dan pada akhir bulan angkanya pun menurun drastis.

Pada saat itu saya mencoba-coba untuk mencari tahu apakah ada yang mengalami hal yang sama dengan saya atau tidak ternyata ada beberapa orang yang mengalami hal yang sama dan menceritakan kisah mereka.

Dari keterangan mereka, uang yang sudah terkumpul tersebut dikatakan tak akan hilang dan nantinya akan dikembalikan ke Akun adsense kita.

Mereka menyarankan untuk mengecek Report di akun Adsense dengan memilih Report 



Setelah itu pilih lalu Product





Lalu pilih Report by Day dan Filter by Product-Youtube Host, dan kita filter juga tanggal report penghasilan yang ingin kita cek.





Disitu saat saya cek penghasilannya ternyata jauh lebih besar dan tak ada penghasilan yang hilang dibandingkan dengan Dashboard di Chanel Youtube saya.

Saat itu pun saya merasa tenang dan saya berpikir bahwa penghasilan saya akan kembali.

Namun, hingga saat ini pada tahun 2020 penghasilan tersebut nyatanya masih tidak kembali dan jumlah uang di akun adsense saya masih sama sesuai dengan data terkahir yang ditunjukkan oleh Dashboard Channel Youtube saya.

Adsense sendiri akan mengupdate data penghasilan kita per tanggal 15 setiap bulannya, kita pun bisa melihat penghasilan perbulannya dari Akun Adsense kita dan hingga saat ini tidak ada perubahan untuk penghasilan di bulan September dan bulan Oktober di akun saya.

Kejadian ini membuat saya was-was bahwa ini akan terjadi setiap bulan yang artinya penghasilan di Youtube saya yang sudah sangat minim akan jauh lebih minim lagi. Akan tetapi saya berusaha untuk tetap fokus meng-upload konten-konten setiap minggunya dan tetap berusaha mengembangkan channel saya ini.

Hingga saat ini kejadian tersebut ternyata tidak pernah terulang lagi, kejadian Revenue Adsense di Youtube yang menghilang hanya terjadi selama dua bulan awal saja.

Saya pun sempat mengupload video tentang pengalaman saya ini di Youtube dan ternyata banyak youtuber baru yang mengalami hal yang saya.

Karena hal ini banyak terjadi pada Youtuber baru, kemungkinan yang saya ambil adalah memang terdapat penyesuaian selama masa awal-awal setelah kita di approve oleh Youtube, mungkin bisa dikatakan kita dalam masa “percobaan”.

Mungkin disitu masih ada penilaian tentang channel kita, tentang kecocokan iklan yang tayang mungkin, atau mengecek adakah “kecurangan” atau tidak selama dua bulan “Percobaan” tersebut.

Akhirnya dari November 2019 hingga sekarang belum pernah terjadi kembali Revenue Youtube saya hilang secara tiba-tiba dan semoga selamanya tidak kejadian lagi hehe.

Well, demikian pengalaman singkat saya mengenai penghasilan Revenue Adsense yang hilang di Channel Youtube saya. Mungkin saran saya bagi kalian yang mengalami hal yang sama kalian bisa coba melaporkan hal ini kepada Youtube lagsung mungkin dapat dibantu.

Kenapa saya tidak lapor?
Karena penghasilan saya sangat kecil jadi saya mah pasrah aja waktu itu😁

No comments

Powered by Blogger.