Akhirnya Pin Adsense Datang 2020 #Pengalaman




Hi, di artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya mendapatkan PIN Adsense dari Google pada Maret 2020.

Langsung aja, begini ceritanya..

Sebelumnya saya telah diterima sebagai partner Youtube alias di approve monetize-nya pada bulan September 2019.

Baca Juga: Channel Youtube di Approve Monetize Adsense #Pengalaman

Artinya mulai bulan September 2019 video-video saya di Youtube berpotensi untuk menampilkan iklan dari Adsense dan penghasilan yang dihasilkan dari menampilkan iklan tersebut akan dimasukkan ke akun Adsense.

Tapi uang tersebut tidak akan bisa dicairkan kalau akun adsense kita tidak terverifikasi atau tidak aktif secara penuh. Syarat agar bisa melakukan verifikasi adalah saldo di akun adsense kita harus menyentuh 10$.

Awalnya saya kira dengan Channel kecil saya ini 1-2 bulan uang tersebut bisa terkumpul tapi ternyata terjadi sesuai yang aneh pada penghasilan Youtube saya. Penghasilan yang sudah terkumpul sering hilang.

Terkadang Minggu ini sudah mengumpulkan sekian Dollar tapi Minggu depannya penghasilan tersebut hilang. 😢

Baca Juga: Penghasilan Adsense Hilang di Youtube Channel #Pengalaman

Tapi semua itu berakhir di Bulan November 2019, mulai bulan November sampai sekarang kejadian tersebut tidak pernah lagi terjadi,, dan akhirnya pada akhir bulan November saldo saya mencapai 10$.

Tapi saya masih cemas saat itu karena penghasilan dari Youtube akan masuk akun adsense kita setiap tanggal 15, artinya saya masih harus menunggu 15 hari dan berharap penghasilan saya tidak hilang lagi.

Kecemasan tersebut akhirnya tidak terbukti, sekitar tanggal 15 Desember saldo di akun adsense saya bertambah tanpa ada pengurangan lagi.

Karena sudah mencapai 10$, saya pun mendapatkan notifikasi di akun Adsense dan Youtube saya. Disitu saya diminta untuk segera melakukan verifikasi agar akun adsense saya aktif sepenuhnya dan bisa mencairkan saldo yang sudah terkumpul.

Verifiksai Data Diri
Pertama saya diminta untuk melakukan verifikasi Data diri. Saya diminta untuk meng-upload dokumen seperti KTP, SIM, atau Pasport. Saya pun akhirnya memilih KTP dan meng-uploadnya di akun adsense saya tersebut.

Tapi ternyata selang 1-2 hari KTP saya ditolak dengan alasan KTP saya sudah tidak aktif lagi alias kadaluarsa. Kemungkinan hal ini disebabkan adanya keterangan "berlaku hingga 2018" di e-KTP saya. padahal saya menggunakan e-KTP yang aktif seumur hidup. 😓

Awalnya saya pikr itu tidak masalah karena berfikir akan diverifikasi oleh orang Indonesia juga, tapi bila hal seperti ini ditolak kemungkinan pihak yang melakukan verifikasi bukan dari Indonesia. Lalu saya pun kembali mengupload dokumen lainnya sebagai ganti KTP, saya mengu-pload SIM.

Dalam waktu 1-2 hari data diri saya akhirnya terverifikasi. 😀

Verifikasi Nomor Rekening
Selanjutnya saya melakukan verifikasi nomor rekening, disini saya diminta untuk memasukkan nomor rekening yang akan dipakai untuk menerima uang dari Adsense. Lalu setelah saya input, diberitahukan bahwa pihak Adsense akan mengirimkan sejumlah uang ke rekening saya tersebut.

Jumlah uang yang Adsense kirim nantinya akan menjadi kode dan diminta untuk diinput ke akun adsense kita.

Sekitar 1-2 minggu kemudian akhirnya saya mendapatkan sejumlah uang dari Adsense lalu jumlah uang itu saya masukkan di akun adsense saya dan nomor rekening saya pun berhasil terverifikasi. 😀

Verifikasi Alamat
Selanjutnya, saya melakukan verifikasi alamat, dimana nantinya pada alamat ini Google Adsense akan mengirim PIN untuk diinput ke akun adsense kita.

Dalam tahap ini Google memberikan tiga kesempatan untuk kita dapat me-request PIN, artinya Google bisa mengirim PIN tersebut sebanyak tiga kali.

Saya melakukan request PIN ini pada bulan Desember 2019. Menurut informasi PIN akan tiba sekitar 2-4 Minggu setelah melakukan request.

Akan tetapi setelah ditunggu sampai bulan Januari 2020 habis, PIN tersebut tidak kunjung datang.

Saya lalu memutuskan untuk request PIN lagi pada awal Februari. Hasilnya sampai akhir Februari PIN tersebut pun tidak kunjung datang. 😩

Saya sempat mencoba browsing apakah ada yang mengalami hal yang sama dengan saya, ternyata cukup banyak yang curhat bahwa PIN mereka tidak kunjung datang. Salah satu solusi yang saya temukan adalah kita bisa langsung menuju kantor POS untuk mengecek apakah ada kiriman surat dari Adsense untuk kita atau tidak.

Tapi sebelum saya pergi mengunjungi kantor POS tersebut, pada awal Maret 2020, akhirnya PIN yang ditunggu-tunggu datang juga,, Yeayy!!!😆



Dan ternyata Amplop Adsense ini dikirim dari Malaysia, Mungkin salah satu alasan sulitnya atau lamanya surat ini sampai adalah perjalan yang jauh dan prosesnya yang lebih ribet karena proses pengirimnya dilakukan antar negara.

Tapi, apapun alasannya saya sangat senang akhirnya PIN ini datang juga, saya membutuhkan waktu hampir tiga bulan sebelum mendapatkan PIN ini dan sekarang Akun adsense saya sudah 100% aktif dan dapat mencairkan uang yang telah terkumpul. 😁

Namun, dengan syarat dapat melewati batas minimal pencairan. Batas pencairan uang di akun adsense adalah 1,3 jt Rupiah.

Bila sudah melewati batas tersebut  kita baru bisa mencairkan uang dari adsense.

Well,, dengan channel saya yang masih kecil ini kemungkinan pada akhir tahun 2020 uang tersebut bisa terkumpul untuk melakukan pencairan.

Bagi kalian yang masih menunggu PIN adsense saran saya, gunkan terlebih dahulu tiga kali kesempatan yang diberikan Adsense dan bila sudah hilang kesabaran kalian bisa langsung mengunjungi kantor POS di kota anda.😁

Oh iya pastikan juga alamat yang kalian masukkan sudah tepat s-edetail mungkin agar pak POS mudah menemukkannya hehe.

Kisah saya ini saya ceritakan juga di Youtube channel saya, TheWebAdventure, silahkan bila ingin menyaksikan 😊
Video Ane: Akhirnya PIN Adsense Sampai juga di 2020 !!!

No comments

Powered by Blogger.