Channel Youtube di Approve Monetize Adsense #Pengalaman




Hi, kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang Channel Youtube saya, TheWebAdventure, yang sudah di approve Monetize-nya oleh Youtube artinya setiap video yang saya upload kini berpeluang untuk menampilkan iklan Adsense dan pada akhirnya dapat memberikan penghasilan dari iklan tersebut.

Ok, kita mulai cerita pengalaman kali ini..

Awalnya saya membuat Channel ini pada Juli 2018, channel saya ini berisi pengalaman dan juga tutorial untuk web yang berhubungan dengan uang seperti web-based game yang dapat menghasilkan uang,  web freelance, paypal, skrill, dan lain sebagainya.

Video yang saya upload biasanya saya share di group Facebook yang berhubungan dengan video saya tersebut. Misal video tentang Game Market Glory saya akan share di group Market Glory sehingga setidaknya ada yang tertarik dan menonton sedikit video saya hehe.

Hal itu selalu saya lakukan bahkan sampai sekarang karena, ya karena.. channel saya masih “anak bawang” hihi.

Lalu peningkatan jumlah penonton dan subscriber mulai terjadi pada bulan Desember 2018, dimana saya sempat mendapatkan 500 jumlah penonton dalam satu hari dan jumlah subscriber pun ikut meningkat.


Saya selalu berusaha konsisten untuk mengupload video setidaknya satu kali dalam seminggu, tapi terkadang masih bolong juga sih, terutama alasannya karena ide yang mulai menipis.

Setelah itu pada bulan April 2019 saya mendapatkan 1000 subsriber yang artinya sudah memenuhi syarat pertama agar channel ini dapat di monetize.


Syarat untuk dapat di-monetize oleh Youtube adalah memiliki 1000 Subcriber dan juga memiliki jumlah 4000 jam tayam dalam 12 bulan terakhir.

Untuk memenuhi syarat jumlah penonton ini saya memiliki target untuk mendapatkan jumlah penonton minimal 12 jam perhari. Saya biasanya selalu mengecek jumlah tayang perhari di channel saya pada sore atau malam hari untuk melihat apakah target tercapai atau tidak.

Rata-rata jam tonton di video saya memang di atas 12 jam sehingga saya saat itu optimis sebeum Juli video saya sudah memenuhi syarat dari Youtube.

Pada bulan Mei 2019 jumlah penonton di channel saya akhirnya mencapi 4000 jam dalam 12 bulan terakhir. Tentu perasaan saya saat itu sangat senang dan berharap iklan Adsense dapat muncul sesegera mungkin di channel saya.

Akan tetapi, ternyata saya harus menunggu selama 4 bulan untuk akhirnya di approve oleh Youtube, pada September 2019.

Saya kira awalnya setelah memenuhi syarat 1000 subscriber dan 4000 jam, channel saya akan otomatis di approve ternyata masih ada satu tahapan lagi yaitu proses review dari Youtube, apakah channel kita memang layak untuk menampilkan iklan Adsense atau tidak.

Dalam proses review ini sepertinya setiap video saya di cek apakah layak dapat iklan atau tidak, ada beberapa video yang mendapatkan tanda kuning yang artinya video masih bisa tayang tapi iklan Adsense akan sangat dibatasi dan ada pula yang tidak layak tayang.

Satu video saya dinyatakan tidak layak tayang dan dihapus oleh Youtube menyebabkan saya mendapatkan Warning pertama dari Youtube.

Untungnya hanya satu video yang tidak layak tayang, mungkin batasan video yang tidak layak tayang di youtube sekitar 4 video ya, sesuai jumlah strike atau peringatan yang mereka tetapkan. Sehingga bila hanya satu video, channel saya masih bisa di approve.

Lalu pada September 2019 akhirnya channel saya full-approved oleh Youtube dan dapat menampilkan iklan.




Tentu hal yang menyenangkan karena target saya ahirnya tercapai walaupun butuh lebih dari setahun untuk dapat di approve, kini channel saya masih berkembang dan tetap mencoba untuk lebih konsisten dalam membuat video sebanyak satu video per Minggu, inginnya sih lebih banyak video tapi saya masih kesulitan di sisi Ide,, hehe.

Well, demikian sedikit pengalaman saya tentang channel saya yang akhirnya di approve oleh Youtube.

Saya pun membagikan cerita ini di channel Youtube saya, silahkan bagi kalian yang ingin berkunjung:

 Akhirnya Lolos Google Adsense, Setelah Satu Tahun

Bagi kalian yang sedang berjuang dengan Youtube.. Semangat !!! 😊

  



No comments

Powered by Blogger.