Pengalaman Perawatan Saluran Akar Gigi






So,,, berawal dari gigi saya yang amburadul ini hehe,
Saya memutuskan untuk mencabut gigi saya yang sakit dan juga menambal gigi saya yang berlubang besar. bisa di cek cerita cabut gigi saya disini..
Setelah mencabut gigi,, saya melakukan perawatan lanjutan untuk gigi saya yang lain, terutama yang memiliki lubang besar.

Salah satu nya dalah gigi geraham atas saya,,
Gigi saya ini lubangnya cukup besar sehingga dokter memutuskan untuk menambalnya dengan tambalan sementara.

Lalu Dokter memberikan intruksi untuk menunggu selama tiga bulan dan melihat reaksi dari tambalan ini. Bila terasa sakit dalam periode ini saya disarankan untuk segera menemui Dokter kembali.
Lalu tak disangka tak dinyana,, sekitar dua minggu kemudian gigi tambalan saya ini terasa sakit saat bangun tidur. Gigi ini sakit saat merasakan sentuhan, jadi saat bersentuhan dengan gigi bagian bawah pun sudah terasa sakit dan ngilu.

Hal ini cukup mengganggu aktifitas saya karena ketika saya sedang bekerja pun kadang gigi saya tersentuh oleh gigi bagian bawah sehingga terasa sakit.
Tapi sakit ini semakin hari semakin berkurang. Lalu sekitar dua Minggu kemudian saya menemui Dokter.

DIsitu saya ceritakan hal tidak wajar yang terjadi pada gigi saya.
Lalu Dokter pun memeriksa Gigi saya yang sakit, dan menurut pemeriksaan tersebut saya harus melakukan perawatan saluran akar gigi.

Karena terdapat infeksi sehingga perlu untuk dilakukan perawatan saluran akar gigi.
Saya pun mengiyakan anjuran dari Dokter,, yaa,, daripada makin parah ,, pikir saya..

Akhirnya metode perawatan akar gigi pun dilakukan saat itu, saya kira akan berjalan cepat dan simple,, ternyata eh ternyata tidak sesimple itu..
Pertama,, gigi saya dilubangi untuk mencapai area akar gigi..

Lalu Dokter banyak memasukkan cairan berwarna-warni yang saya tidak ketahui apa itu fungsinya hehe,,
Lalu saluran akar gigi saya pun dibersihkan oleh semacam kikir kecil seukuran jarum,, yang dimasukkan kedalam saluran akar gigi saya,, katanya sih untuk mengambil saliva, yang merupakan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar ludah dan juga agar menjaga area perawatan akar gigi tetap kering.

hal ini dilakukan berkali-kali,, pun dengan “penyuntikkan” cairan warna warni,, juga dilakukan berkali kali,, ada yang kuning, biru, putih,, dan lain sebagainya deh hehe.
Selama proses ini tidak dirasakan sakit yang berlebihan oleh saya, paling yang paling sakit adalah ketika susternya melakukan vacum terhadap cairan ludah dimulut saya karena kondisi mulut yang membuka secara terus-menerus,,
Kadang susternya "nonjok" bagian lunak dalam mulut saya haha, ga terlalu sakit sih tapi agak nyebelin juga kalau keseringan wkwkw
Dan lalu setelah itu, dilakukan penambalan sementara untuk menutup area sluran akar gigi yang dirawat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi dan juga menjaga agar area perawatan tetap kering,, mungkin seperti itu ya hehe..
Lalu setelah semua selesai Dokter menjelaskan apa yang telah ia lakukan,, setelah itu saya di intruksikan untuk tidak makan selama satu jam karena akan merusak hasil tambalan sementara yang belum mengeras.

Lalu setelah itu!!!! Masuklah kebagian yang paling tidak enak dan tidak menyenangkan yaitu,, BAYAR,, hahaha..
Ya,, setelah semua selesai saya harus membayar biaya perawatan dan diminta untuk kembali lagi Minggu depan untuk kembali dilakukan perawatan..
Perawatan ini bisa dilakukan maksimal hingga lima kali tergantung dari hasil perawatan dan seberapa parah kondisi gigi kita ini.
So, semoga gigi ini cepat sembuh dan saya bisa melanjutkan merawat gigi lainnya wkwkwk

Jaga kesehatan gigi gan…!!

4 comments:

  1. Kak saya gigi graham kiri saya bolong dan mahkota ny sudah hancur setengah , dokter anjurkan untuk perawatan akar , tetapi gigi saya ini tidak sakit atau nyeri sama sekali , hanya saja saya ingin mencegah infeksi itu sekarang , dulu sih pernah sakit beberapa tahun lalu cm skrng sudah hilang . Menurut anda rada ny perawatan akar itu ngilu banget atau sakit banget ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perawatan akar gigi ga sakit,, ga ngilu juga,,
      cuma kalau gigi sudah sensitive paling ngilu dikit saat dibuat lubang untuk ngebersihin akar gigi nya,,

      Delete
  2. Klo boleh tau, berapa lama tindakan yg di lakuin sama dokternya? Soalnya saya mau buat appointment perawatan saluran akar di dokter gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk perawatan akar bisa sampai tiga kali ketemu agar bersih dulu baru bisa ditambal..

      Delete

Powered by Blogger.