Pengalaman HP Samsung M11 Error Sinyal lapor ke Samsung Center

 

Hai, di artikel kali ini saya mau berbagi pengalaman saya megenai Smarthphone Samsung M11 yang error terkait penerimaan sinyalnya, padahal HP ini baru saya beli dan belum berumur satu minggu.

Permasalahannya adalah  Samsung M11 saya ini tidak dapat menerima sinyal dari SIM Card yang sudah saya pasang, seolah-olah SIM Card saya ini mati dan tidak bisa dipakai karena HP Samsung M11 saya hanya menerima emergency call only.

Untuk memastikan tidak ada masalah pada SIM Card, saya lalu mencoba memasukkan SIM Card saya ini ke HP lain dan ternyata bekerja dengan normal di perangkat lain.

Disini saya memiliki dua SIM Card dan keduaya bekerja dengan baik di HP lain tapi ketika dimasukkan ke Samsung M11, SIM Card saya seolah tidak berfungsi.

Saya pun coba mengugling dan mencari tahu apakah ada yang mengalami hal yang sama, dan ternyata cukup banyak orang-orang yang mengalami hal yang sama dengan tipe HP yang berbeda namun tetap dengan merek Samsung.

Dari hasil gugling saya ini mereka menyarankan hal berikut untuk mengatasi error not registered on network atau error smarthphone tidak dapat menerima sinyal:

1. Clear Cache dan reset semua settingan pada aplikasi SIM Toolkit yang ada di HP kita, biasanya aplikasi ini sudah ada ketika SIM Card dipasangkan ke HP kita.

Credit: flexiroam.freshdesk.com

2. Pilih Network secara manual (Masuk ke Setting-Connection-Mobile Network-Network Operator).
Di sini kita bisa pilih search network agar HP kita mencari network apa saja yang tersedia lalu pilih sesuai operator yang kita gunakan ketika proses search sudah selesai.
Lalu kita juga bisa pilih Select Automaticly agar kita tidak perlu memilih Network tapi membiarkan HP kita yang memutuskan akan menggunakan Network yang mana.


Credit: Youtube/iTinbox

3. Instal Ulang/ Factory Reset
Untuk melakukan hal ini harap berhati-hati karena akan menghapus semua data yang ada pada handphone kita.

*****

Nah, saya sendiri sudah melakukan tiga hal di atas dan hasilnya nihil.

Pertama, saya mengubah setingan SIM Toolkit agar kembali ke default dan menghapus cache nya juga lalu merestart HP saya namun tidak terjadi perubahan.

Kedua, saya mencoba men-setting Network, cara ini terkadang berhasil tapi hanya sementara. Jadi ketika saya pilih Network secara manual dengan tombol search network lalu saya pilih operatornya, HP saya bisa menerima sinyal dan bisa melakukan call atau internet.
Tapi ini hanya sementara, selang beberapa menit kemudian mungkin sekitar 5 menit HP saya kembali tidak dapat menerima sinyal dan rasa frustasi pun melanda..

Nah, karena saya sudah mencoba cara-cara di atas berkali-kali saya coba untuk diamkan dulu HP saya ini dan melihat apakah esok hari HP ini bisa kembali normal.

Keesokkan harinya..

Mentari pagi yang indah untuk menyambut hari ternyata tidak mengubah kondisi HP saya ini hehe..

HP saya tetap error, maka cara terakhirpun saya putuskan untuk saya lakukan, Instal Ulang/Factory Reset.

Akhirnya saya pun melakukan instal ulang pada HP saya, proses yang tidak sebentar ini saya tunggu dengan sabar.

Selesai,, instal ulang aman, saya bisa masuk halaman Home HP saya lagi.. lalu saya masukkan SIM Card saya ini, saya coba satu SIM Card terlebih dahulu yang sudah saya pastikan bekerja dengan baik di perangkat lain.

Dan.. dan... dan... dan... !!!!!!!!!!

Emosiii yang ada,,,!!! HP saya tetap tidak menerima sinyal, Huft.. bingung sudah..😭

Karena sudah mentok dengan mereparasi HP ini sendiri, saya pun akhirnya pergi ke Samsung Center di Bandung, tepatnya di BEC (Bandung Electronic Center).

Singkat cerita...

Datang ke BEC, masuk ke Samsung Center, mengambil nomor antrian, dipanggil sang Customer Service, mengutarakan keluhan, dan...?

Saya disarankan untuk mengganti unit dari Samsung M11 saya ini karena umurnya yang masih muda dari tanggal pembelian. Karena tidak akan keluar biaya dari saya, maka saya iya kan rekomendasi tersebut, dan saya pun menandatangani surat di atas Materai tentang penggantian unit ini.

Proses pergantian unit ini berlangsung selama kurang lebih tiga minggu, waktu yang cukup lama menurut saya.

Tiga minggu kemudian saya mendapatkan "HP baru" Samsung M11 dan untuk kali ini setidaknya sampai saat ini HP saya ini berfungsi dengan normal dan semoga selalu normal ya..

Bagi kalian yang mengalami hal yang sama dan mau menukarkan HP kalian dengan HP baru syaratnya HP yang kalian miliki harus berumur kurang dari dua minggu untuk bisa dilakukan penukaran unit.

Lalu kalian juga harus membawa bukti pembelian agar proses administrasinya bisa dilanjutkan, bila hilang sepertinya tidak dapat dilakukan pergantian.

Lalu CS-nya pun bertanya tentang kardus HP-nya, dan kebetulan saya sudah membuang kardus tersebut karena saya pikir tidak akan terpakai lagi. Jadi karena tidak ada kardusnya mereka infokan HP baru yang saya terima tidak akan ada kardusnya juga, dan hal tersebut sih tidak masalah bagi saya.

Well, itu dia pengalaman saya mengenai HP Samsung M11 saya yang error sinyal. Untuk cara penanganan yang saya sampaikan di atas mungkin bisa bekerja dengan baik pada HP kalian jadi coba dulu ya cara di atas, kalau sudah mentok saya sarankan untuk langsung meluncur ke Service Centernya aja agar bisa diperbaiki.


No comments

Powered by Blogger.