Transfer BANK Sukses tapi Penerima belum dapat uangnya #Pengalaman
Melakukan transfer uang antar Bank yang berbeda sudah
menjadi hal yang lumrah karena cukup banyak Bank yang beroperasi di Indonesia.
Masyarakat memiliki banyak pilihan untuk memilih Bank mana yang akan mereka
gunakan untuk menyimpan Uang.
Tapi, aktifitas transfer antar Bank yang berbeda
tidak selalu berjalan mulus, malah bisa menjadi melelahkan bila terjadi
gangguan karena melibatkan dua Bank yang berbeda, seperti yang pernah saya
alami baru-baru ini, dimana saya melakukan transfer dan sukses di sisi saya
akan tetapi penerima tidak menerima uang tersebut sepeser pun.
Nah, disini saya mau menceritakan pengalaman
saya bagaimana hal ini terjadi dan bagaimana hal ini dapat terselesaikan.
****
Jadi, awalnya saya ingin melakukan transfer ke
Bank P**** dari Bank B**. Saya adalah nasabah Bank B** sejak menjalani kuliah
di Bandung karena terhubung dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang diberikan oleh
Perguruan Tinggi saya.
Saat itu, karena saya sedang malas keluar untuk
menuju ke ATM saya memutuskan untuk melakukan transfer menggunakan M-Banking
dari Bank B**.
Jumlah yang ditransfer sebetulnya tidak kecil
bagi saya dan biasanya untuk angka sebesar ini saya melakukan transfer
melalui ATM. (Nominalnya pokoknya jutaan lah ya hehe)
Lalu saya pun melakukan transfer menggunakan M-Banking
dan transfer pun sukses dari aplikasi tersebut , selain itu, saya menerima SMS
konfirmasi bahwa sudah dilakukan transfer dengan kode referensi sekian.
Karena saya pikir semua berjalan normal saya pun
menginfokan pada penerima bahwa uang sudah terkirim disertai screenshoot dari
aplikasi M-Banking yang saya miliki.
Tapi keesokan harinya sang penerima menginfokan
bahwa uang belum dterima, lalu saya pun mencoba untuk mengecek lewat ATM dan
melihat Saldo maupun history transaksi saya. Dan ternyata saldo sudah berkurang
dan transfer pun sukses.
Saya kembali menginfokan bahwa saldo saya sudah
terpotong dan transaksi sukses, tapi sang penerima tetap belum mendapatkan uang
tersebut, akhirnya saya pun memutuskan untuk mengunjungi Bank cabang terdekat
selagi saya bekerja.
Saya mengunjungi Bank pada hari Senin, dan
setibanya disana pihak Bank mengatakan bahwa kemungkinan transfernya
menggantung dan butuh data rekonsiliasi dari Bank apakah transaksi berhasil
atau tidak, alasannya adalah karena transaksi diilakukan pada weekend (saya
transfer pada hari Sabtu)
Saya pun diminta untuk menuggu dua hari dan pihak
Bank akan mengabari saya.
Dua hari kemudian tidak ada pihak Bank yang menghubungi
saya dan akhirnya saya pun berinisiatif untuk menghubungi Bank tersebut. Dari
keterangan pihak Bank, transaksi dikatakan sudah berhasil dan menyarankan saya untuk meminta
penerima untuk menanyakan pada Bank P****.
Pihak penerima disini akhirnya menghubungi Bank P**** dan menanyakan tentang Transferan saya. Jawabanya mereka tidak menerima
transferan tersebut dan mereka pun mengatakan bahwa mereka hanyalah sebagai
penerima jadi kemungkinan masalah ada di Bank B** yang melakukan pengiriman dan
mengkonfirmasi pengiriman tersebut sukses.
Hmmm saya kembali menghubungi Bank B** dan tetap
tidak ada solusi.
Lalu, keesokan harinya,,
Saya kembali mengunjungi Bank B** tapi cabang
yang berbeda, disitu saya dibuatkan surat pengaduan prihal masalah saya ini.
Pihak Bank lalu memberikan saya Surat pengaduan tersebut yang sudah saya tanda
tangani dan ditandatangani juga oleh pihak customer service yang menangani
keluhan saya.
Dari laporan tersebut saya diminta untuk
menunggu selama 7 hari,, huhu
Dan saya pun pasrah karena tidak bisa melakukan
apa-apa lagi selain menunggu proses 7 hari ini. Saya melakukan laporan pada
hari Kamis dan untuk mengetahui perkembangan masalah saya ini saya menghubungi
Bank B** pada hari Selasa depannya, dan jawaban mereka saya masih harus menunggu sampai hari
ke 7.
Hmmm, saya kembali menunggu..
Dikeesokan harinya saya mendapat SMS dari Bank
BTN bahwa uang saya sudah ditransfer kembali ke rekening saya.
Yihuyyy..
Saya pun mengecek lewat M-Banking dan benar saja
uang sudah kembali ke rekening saya.. Akhirnya….!!!
Lalu keesokan harinya saya kembali melakukan
transfer ke Bank saudara saya ini, tapi tidak ke Bank P**** lagi untuk
menghindari hal serupa, dan saya pun tidak menggunakan M-Banking lagi untuk transfer
tapi menggunakan ATM.
Dan transaksi pun mulus,, masalah selesai,,
sekarang bisa tenang untuk makan baso lagi,, hehe..
Jadi, demikian pengalaman saya ketika Transfer
berhasil disisi pengirim tapi sisi penerima belum menerima uang tersebut.
Semoga hal ini tidak terjadi lagi ya,, dan
terima kasih kepada Customer Service yang sudah membantu juga, walau
bagaimanapun kesalahan teknis seperti ini sangat mungkin terjadi pada perangkat
apapun.
Bagi kalian yang mengalami hal yang sama
segeralah untuk melaporkan pada Bank terkait karena membutuhkan waktu untuk
menyelesaikan masalah ini. Semakin telat kalian melapor semakin lama masalah
tersebut terselesaikan.
Leave a Comment