Transfer BANK Sukses tapi Penerima belum dapat uangnya #Pengalaman





Melakukan transfer uang antar Bank yang berbeda sudah menjadi hal yang lumrah karena cukup banyak Bank yang beroperasi di Indonesia. Masyarakat memiliki banyak pilihan untuk memilih Bank mana yang akan mereka gunakan untuk menyimpan Uang.
Tapi, aktifitas transfer antar Bank yang berbeda tidak selalu berjalan mulus, malah bisa menjadi melelahkan bila terjadi gangguan karena melibatkan dua Bank yang berbeda, seperti yang pernah saya alami baru-baru ini, dimana saya melakukan transfer dan sukses di sisi saya akan tetapi penerima tidak menerima uang tersebut sepeser pun.

Nah, disini saya mau menceritakan pengalaman saya bagaimana hal ini terjadi dan bagaimana hal ini dapat terselesaikan.

****

Jadi, awalnya saya ingin melakukan transfer ke Bank P**** dari Bank B**. Saya adalah nasabah Bank B** sejak menjalani kuliah di Bandung karena terhubung dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang diberikan oleh Perguruan Tinggi saya.
Saat itu, karena saya sedang malas keluar untuk menuju ke ATM saya memutuskan untuk melakukan transfer menggunakan M-Banking dari Bank B**.

Jumlah yang ditransfer sebetulnya tidak kecil bagi saya dan biasanya untuk angka sebesar ini saya melakukan transfer melalui ATM. (Nominalnya pokoknya jutaan lah ya hehe)
Lalu saya pun melakukan transfer menggunakan M-Banking dan transfer pun sukses dari aplikasi tersebut , selain itu, saya menerima SMS konfirmasi bahwa sudah dilakukan transfer dengan kode referensi sekian.

Karena saya pikir semua berjalan normal saya pun menginfokan pada penerima bahwa uang sudah terkirim disertai screenshoot dari aplikasi M-Banking yang saya miliki.
Tapi keesokan harinya sang penerima menginfokan bahwa uang belum dterima, lalu saya pun mencoba untuk mengecek lewat ATM dan melihat Saldo maupun history transaksi saya. Dan ternyata saldo sudah berkurang dan transfer pun sukses.

Saya kembali menginfokan bahwa saldo saya sudah terpotong dan transaksi sukses, tapi sang penerima tetap belum mendapatkan uang tersebut, akhirnya saya pun memutuskan untuk mengunjungi Bank cabang terdekat selagi saya bekerja.
Saya mengunjungi Bank pada hari Senin, dan setibanya disana pihak Bank mengatakan bahwa kemungkinan transfernya menggantung dan butuh data rekonsiliasi dari Bank apakah transaksi berhasil atau tidak, alasannya adalah karena transaksi diilakukan pada weekend (saya transfer pada hari Sabtu)

Saya pun diminta untuk menuggu dua hari dan pihak Bank akan mengabari saya.
Dua hari kemudian tidak ada pihak Bank yang menghubungi saya dan akhirnya saya pun berinisiatif untuk menghubungi Bank tersebut. Dari keterangan pihak Bank, transaksi dikatakan sudah berhasil dan menyarankan saya untuk meminta penerima untuk menanyakan pada Bank P****.

Pihak penerima disini akhirnya menghubungi Bank P**** dan menanyakan tentang Transferan saya. Jawabanya mereka tidak menerima transferan tersebut dan mereka pun mengatakan bahwa mereka hanyalah sebagai penerima jadi kemungkinan masalah ada di Bank B** yang melakukan pengiriman dan mengkonfirmasi pengiriman tersebut sukses.
Hmmm saya kembali menghubungi Bank B** dan tetap tidak ada solusi.

Lalu, keesokan harinya,,
Saya kembali mengunjungi Bank B** tapi cabang yang berbeda, disitu saya dibuatkan surat pengaduan prihal masalah saya ini. Pihak Bank lalu memberikan saya Surat pengaduan tersebut yang sudah saya tanda tangani dan ditandatangani juga oleh pihak customer service yang menangani keluhan saya.

Dari laporan tersebut saya diminta untuk menunggu selama 7 hari,, huhu
Dan saya pun pasrah karena tidak bisa melakukan apa-apa lagi selain menunggu proses 7 hari ini. Saya melakukan laporan pada hari Kamis dan untuk mengetahui perkembangan masalah saya ini saya menghubungi Bank B** pada hari Selasa depannya, dan jawaban mereka saya masih harus menunggu sampai hari ke 7.

Hmmm, saya kembali menunggu..
Dikeesokan harinya saya mendapat SMS dari Bank BTN bahwa uang saya sudah ditransfer kembali ke rekening saya.

Yihuyyy..
Saya pun mengecek lewat M-Banking dan benar saja uang sudah kembali ke rekening saya.. Akhirnya….!!!

Lalu keesokan harinya saya kembali melakukan transfer ke Bank saudara saya ini, tapi tidak ke Bank P**** lagi untuk menghindari hal serupa, dan saya pun tidak menggunakan M-Banking lagi untuk transfer tapi menggunakan ATM.
Dan transaksi pun mulus,, masalah selesai,, sekarang bisa tenang untuk makan baso lagi,, hehe..

Jadi, demikian pengalaman saya ketika Transfer berhasil disisi pengirim tapi sisi penerima belum menerima uang tersebut.
Semoga hal ini tidak terjadi lagi ya,, dan terima kasih kepada Customer Service yang sudah membantu juga, walau bagaimanapun kesalahan teknis seperti ini sangat mungkin terjadi pada perangkat apapun.

Bagi kalian yang mengalami hal yang sama segeralah untuk melaporkan pada Bank terkait karena membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalah ini. Semakin telat kalian melapor semakin lama masalah tersebut terselesaikan.

No comments

Powered by Blogger.