Menjadi Lebih Produktif



Waktu adalah hal yang sangat berharga. Kita tidak bisa mengontrol waktu agar berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Terkadang kita memiliki penyesalan di masa lalu dan ingin memperbaikinya, akan tetapi waktu  terus berjalan dan kita tidak bisa kembali pada masa itu. Hanya merenungkan kesalahan kita dan menyesalinya tak akan memperbaiki keadaan. Kita perlu untuk memanfaatkan waktu dengan lebih baik.

Dari rumah pergi ke sekolah atau kantor lalu kembali ke rumah. Aktiftas umum yang ditemui di keseharian kita. Setelah pulang dari rutinitas tersebut, sering terjadi kemalasan untuk melakukan aktifitas lainnya. Lebih memilih untuk beristirahat atau mengerjakan tugas sekolah lalu main. Padahal kita memiliki potensi untuk menjadikan waktu yang kita miliki lebih produktif.

Kita bisa berolahraga di pagi hari atau menjalankan hobi positif di malam hari dalam mengisi waktu senggang kita. Namun yang menjadi permasalahan adalah perasaan malas yang sangat kuat. Godaan gadget untuk bermain game, godaan tempat tidur untuk segera memejamkan mata, masih  sulit untuk ditolak. 

Berubah menjadi pribadi yang lebih baik tentu butuh pengorbanan. Pengorbanan untuk merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik tidak lah mudah. Mengubah sifat yang sudah kita miliki sejak lama tentu sangat sulit. Dibutuhkan waktu dan komitmen untuk mau berubah. Seberapa kuat komitmen kita untuk menjadi lebih baik adalah kunci dari perubahan. 

KIta bisa memulai menjadi lebih produktif dari hal-hal kecil, misalnya, bangun lebih pagi dari biasanya. Bila bangun pagi sulit kita bisa mencoba untuk mengurangi penggunaan gedget, atau apapun yang menurut kita paling mudah untuk dirubah. Setelah berhasil dari hal yang paling kecil, kita bisa melanjutkan untuk merubah hal lainnya sampai kita bisa memanfaatkan waktu dengan sangat maksimal.

Memanfaatkan waktu dengan menjadi lebih produktif bukan berarti kita harus terus beraktifitas tanpa beristirahat. Tentu beristirahat pun adalah salah satu cara agar kita memiliki energi untuk menjalani keseharian kita. Jadi, mari kita menjadi lebih produktif dengan memaksimalkan waktu yang ada karena waktu tak bisa diulang kembali.

No comments

Powered by Blogger.